Kadernya Dipidanakan, Ini Sikap Tegas DPD Hanura Kalbar

Singkawang

Editor Mul Dibaca : 449

Kadernya Dipidanakan, Ini Sikap Tegas DPD Hanura Kalbar
Wakil Ketua Partai Hanura Provinsi Kalbar, sekaligus Koordinator Wilayah Singkawang dan Bengkayang Hanura Provinsi Kalbar, Amiruddin M Yamin
SINGKAWANG,  SP - DPD Partai Hanura Provinsi Kalbar akan memberikan pendampingan dan bantuan hukum, terhadap seorang calegnya yang ditersandung dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu di Kota Singkawang. 

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Partai Hanura Provinsi Kalbar,  sekaligus Koordinator Wilayah Singkawang dan Bengkayang Hanura Provinsi Kalbar, Amiruddin M Yamin, Rabu (16/1).

"Kita mengecam dan tidak terima dengan sikap Bawaslu Singkawang ini. Kami akan melawan. Dalam hal ini, DPD Partai Hanura Provinsi Kalbar juga akan memberikan bantuan hukum kepada kader yang bersangkutan," tegasnya. 

Dirinya mengaku heran atas apa yang terjadi dan menimpa Caleg Hanura di Kota Singkawang ini. Pasalnya, apa yang dilakukan oleh caleg tersebut adalah hal yang wajar. 

Menurut dia, sebagai seorang caleg, tentu perlu melakukan upaya untuk menyakinkan masyarakat, satu di antaranya melalui kontrak politik.

"Yang dijanjikan ini adalah untuk internal dan pengurus ranting atau tim. Bukan kepada masyarakat, seperti yang dituduh Bawaslu," terangnya. 

Diketahui, Bawaslu Kota Singkawang melimpahkan berkas perkasa dugaan pelanggaran pidana Pemilu ke Kejaksaan.

Caleg DPRD Kota Singkawang dari Partai Hanura difitnah dan dituduh telah menjanjikan barang atau materi yang tertuang dalam sebuah surat perjanjian.

Kemudian, caleg tersebut disangkakan melakukan pelanggaran Pasal 280 Ayat 1 Huruf J. Lalu ancaman pidananya  Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 523 Ayat 1 tentang Pemilu. (bob)