1200 Personel Siap Amankan CGM Singkawang, Polri dan TNI Berkolaborasi

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 291

1200 Personel Siap Amankan CGM Singkawang, Polri dan TNI Berkolaborasi
CAP GO MEH - Perayaan Cap Go Meh di Singkawang. Sebanyak 1200 personel akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan pada perayaan Cap Go Meh di Singkawang tahun 2019 ini. (Ist)
Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi
"Pengamanan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang nanti, dari Polda Kalbar akan mengerahkan sebanyak 1000 personel. Sedangkan dari Polres Singkawang akan mengerahkan sebanyak 200 personel guna mengamankan perayaan Imlek dan Cap Go Meh selama 17 hari."

SINGKAWANG, SP - Sebanyak 1.200 personel Polri siap mengamankan pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang yang akan dilaksanakan selama 17 hari.

"Pengamanan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang nanti, dari Polda Kalbar akan mengerahkan sebanyak 1000 personel. Sedangkan dari Polres Singkawang akan mengerahkan sebanyak 200 personel guna mengamankan perayaan Imlek dan Cap Go Meh selama 17 hari," kata Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi di sela rapat koordinasi persiapan Imlek dan Cap Go Meh 2019 di Singkawang, belum lama ini.

Sedangkan pada hari H Festival Cap Go Meh, personel gabungan baik dari TNI, Polda maupun Polres Singkawang akan ada sebanyak 948 personel yang akan diturunkan untuk melakukan pengamanan.

Dia mengatakan, digelarnya rakor untuk menyamakan persepsi dalam rangka pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang.

"Kita lihat semua stakeholder dan elemen masyarakat hadir untuk bersama-sama komitmen turut berperan serta dalam menjaga keamanan khususnya pada perayaan tersebut," kata Raymond.

Tentunya, kata dia, dengan adanya kesepakatan tersebut, akan sangat membantu pihak kepolisian dalam melakukan pengamanan nanti.

"Dan kami bersama TNI juga sudah berkolaborasi untuk mengamankan jalannya kegiatan yang sudah dikenal secara Nasional ini," katanya.

Komandan Rindam XII/Tpr, Kolonel Inf Martin Susilo M Turnip menyatakan, siap membantu Polri dalam melakukan pengamanan.

"Pada intinya unsur dari TNI selalu siap membantu Polri dengan kekuatan yang ada," katanya.

Menurutnya, satuan TNI di Kota Singkawang cukup banyak. Ada Rindam, Brigif, Batalyon 641 Raider dan Kodim. "Sehingga pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh nanti, diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses," katanya.

Sesuai permintaan Kapolres, katanya, personel TNI yang akan di bawah kendali operasi (BKO) sekitar 2-3 SSK. "Atau sekitar 300 orang," kata Martin. (ant/jek)
Tjhai Chui Mie Kembali Undang Presiden

Wali kota Singakawang  Tjhai Chui Mie mengatakan pada pembukaan festival Cap Go Meh nantinya, Pemkot Singkawang akan mengundang semua Forkopimda baik dari Provinsi maupun Singkawang serta seluruh Kepala Daerah se-Kalbar. 

"Saya berharap Bapak Gubernur juga bisa hadir bersama-sama kita sekaligus untuk membuka acara perayaan ini," ungkapnya.

Bahkan, Tjhai Chui Mie kembali mengundang Presiden RI, Joko Widodo untuk bisa hadir dalam perayaan Cap Go Meh yang akan dihelat pada 19 Februari mendatang. 

"Saya sangat berharap, beliau bisa hadir untuk bersama-sama menyaksikan event Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang," kata Tjhai Chui Mie.

Meski sudah beberapa kali di undang dan Presiden belum sempat menghadiri acara budaya yang terbilang sudah dikenal secara Nasional bahkan Mancanegara ini, tak menyurutkan semangat Tjhai Chui Mie untuk terus mengundang Presiden agar perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang dirasakan semakin meriah.  (rud/jek)