Satnarkoba Polres Singkawang Tangkap Bandar Narkoba, Uang Hasil Penjualan Dibakar Istri Pelaku

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 678

Satnarkoba Polres Singkawang Tangkap Bandar Narkoba, Uang Hasil Penjualan Dibakar Istri Pelaku
DITANGKAP – Barang bukti serta pelaku yang diduga bandar narkoba RJ alias JN ditangkap jajaran Polres Singkawang, di Jalan Karya Bakti, Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Selasa (12/2)lalu. (SP/Rudi)
Kasat Narkoba Polres Singkawang, Iptu Robert Damanik
"Pada saat dilakukan penangkapan, terlapor sedang berada di dalam kamarnya, setelah terlapor diamankan dilakukan penggeledahan di dalam kamar yang disaksikan Ketua RT setempat."

SINGKAWANG, SP - Satuan Narkoba Polres Singkawang meringkus seorang pria berinisial RJ alias JN yang diduga sebagai pengedar narkoba jenis sabu, tepatnya di Jalan Karya Bakti, Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Selasa (12/2) sekitar pukul 18.15 WIB. 

Kasat Narkoba Polres Singkawang, Iptu Robert Damanik mengatakan, dari penggerebekan itu pihaknya berhasil mengamankan barang bukti narkoba berupa lima paket sabu yang disimpan pelaku di dalam botol plastik warna putih, satu paket sabu di dalam saku celana terlapor dan satu paket sabu yang disimpan di dalam Box warna hitam kombinasi silver. 

"Kemudian, satu bong hisap sabu, satu kantong plastik klip ukuran besar dalam keadaan kosong, satu buah sendok plastik yang ujungnya lancip, satu buah kotak timbangan digital dan uang senilai Rp9.176.000," kata Robert, Rabu (13/2). 

Kemudian, saat penggerebekan masih berlangsung, pihaknya menemukan satu bungkusan lagi yang didalamnya terdapat uang dalam keadaan terbakar. 

Menurut pengakuan terlapor, dalam bungkusan itu ada sejumlah uang senilai Rp13.000.000. Hal itu dikarenakan, istri yang bersangkutan tidak setuju jika terlapor mencari nafkah dengan cara yang haram.

"Sehingga istrinya membakar uang tersebut," jelasnya. 

Menurutnya, jutaan uang yang diamankan itu, diduga merupakan hasil penjualan narkotika jenis sabu. Pihaknya juga telah mengamankan, satu unit Airsoft Gun merk Jericho 941 beserta satu kotak amunisi.

Terungkapnya kasus ini, katanya, berkat adanya laporan dari masyarakat yang disampaikan ke Unit Lidik Satresnarkoba Polres Singkawang, yang menyebutkan jika di rumah terlapor sering melakukan transaksi narkoba.  

Selanjutnya, anggota melakukan observasi di lokasi yang dimaksud, setelah informasi dirasakan akurat, barulah pihaknya melakukan penangkapan dan pemeriksaan terhadap terlapor. 

"Pada saat dilakukan penangkapan, terlapor sedang berada di dalam kamarnya, setelah terlapor diamankan dilakukan penggeledahan di dalam kamar yang disaksikan Ketua RT setempat," jelasnya. 

Atas temuan barang bukti tersebut, saat ini terlapor sudah diamankan di Mapolres Singkawang guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Atas perbuatannya, pelaku akan dikenakan Pasal 114 atau Pasal 112 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. 

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi menilai bahwa narkoba sudah cukup berbahaya di Singkawang. 

"Oleh karena itu, pemberantasan narkoba hingga ke akar-akarnya masih menjadi atensi pihak kepolisian," katanya. (rud/jek)

Ajak Elemen Masyarakat untuk Memberantas 

Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi mengatakan, jika narkoba masih menjadi atensi pihaknya untuk di berantas. Terlebih narkoba sangat merusak anak bangsa. 

"Jadi tolong kepada orang tua, tetangga, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk bisa memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada kepolisian. Kami dari Polres Singkawang pasti akan melakukan penindakan, dan kita tidak akan tinggal diam karena narkoba sangat merusak generasi anak bangsa," katanya. 

Oleh sebab itu, dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba guna menyelamatkan anak bangsa. 

"Bagi masyarakat yang mengetahui adanya tindak pidana narkotika, segera laporkan kepada pihak yang berwajib. Dan pihak kepolisian, siap menjamin kerahasiaan pelapor," terangnya. (rud/jek)