Bermula dari Diskusi Kecil-kecilan, Lapak Ngaji Semarakkan CFD di Singkawang

Singkawang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 127

Bermula dari Diskusi Kecil-kecilan, Lapak Ngaji Semarakkan CFD di Singkawang
LAPAK - Lapak ngaji pada pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Singkawang. Lapak ngaji ini diprakarsai oleh Singkawang Quran Center (SQC) Kota Singkawang yang bermula dari diskusi kecil-kecilan. (Ist)
SP - Pelaksanaan Car Free Day (CFD) semakin semarak dengan digelarnya Lapak Ngaji yang diprakarsai oleh Singkawang Quran Center (SQC) Kota Singkawang. Ide membuat kegiatan lapak ngaji bermula dari diskusi-diskusi kecil dengan beberapa organisasi dan komunitas seperti Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang, Tim Penggerak PKK Kota Singkawang.

“Lapak ngaji dilaksanakan bekerjasama dengan GOW Kota Singkawang, Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, beberapa komunitas dan donatur yang ada di Kota Singkawang. Kegiatan dilaksanakan disekitar area CFD Singkawang,” kataKetua SQC, Ustadz Topan Kopriansyah. 

Topan mengatakan, lapak ngaji merupakan sebuah komunitas yg memfasilitasi anak-anak, remaja, dewasa dan lansia untuk belajar mengaji di lokasi CFD Singkawang secara gratis. 

“Lapak ngaji CFD secara rutin dilaksanakan setiap hari Minggu jam 06.00-08.00 Wib. Sejak Minggu lalu sudah mulai dilaksanakan,” ujarnya.

Lapak ngaji, kata Topan dapat diikuti oleh siapa saja, baik sebagai peserta maupun sebagai donatur. Berdasarkan pengamatan terlihat beberapa ustad dan ustadzah serta beberapa ibu-ibu pengurus GOW Kota Singkawang mengajak beberapa anak dan masyarakat yang ada disekitar CFD untuk ikut mengaji bersama dan memberikan bimbingan mengaji pada peserta.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang, Istri Handayani mengatakan bahwa GOW Kota Singkawang sangat memberikan dukungan pada pelaksanaan lapak ngaji di CFD tersebut, mengingat tujuan dari kegiatan tersebut sangat positif dan sangat disambut baik oleh masyarakat di sekitar lokasi.

“Dari rencana sampai pelaksanaan kita satu persepsi dengan SQC. Bahkan program ini kita jadikan program dan kegiatan disalah satu seksi di GOW yaitu bidang Pembinaan Mental Kesehatan dan Sosial Budaya," ujar lstri.

Istri berharap agar lapak ngaji dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh masyarakat. 

"Masyarakat yang senam dapat membawa anaknya ke CFD untuk belajar mengaji di sini,” harapnya. (media center/jek)