Diskominfo Singkawang Siapkan Aplikasi e-Office

Singkawang

Editor elgiants Dibaca : 78

Diskominfo Singkawang Siapkan Aplikasi e-Office
Kadis Kominfo Singkawang, Ahyadi
SINGKAWANG, SP - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang saat ini sedang menyiapkan aplikasi e-Office guna meningkatkan pelayanan yang serba cepat dalam sistem pemerintahan. 

"Aplikasi e-Office ini sudah kita rancang sejak tahun 2017 sampai 2018. Kemudian tahun ini kita sempurnakan lagi dan ditargetkan akan segera selesai," kata Kepala Diskominfo Singkawang, Ahyadi, Minggu (7/4). 

Sesuai dengan apa yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, bahwa sistem penyelenggaraan pemerintahan sekarang ini sudah berbasis elektronik. Sehingga mau tidak mau pihaknya pun harus bisa membangun aplikasi yang dapat diterapkan di sistem pemerintahan, yaitu aplikasi e-Office. 

"Aplikasi e-Office tentu akan sangat bermanfaat bagi setiap OPD di setiap Pemerintah Daerah dalam rangka mempercepat pelayanan, penyelenggaraan, dan penyelesaian dalam hal surat-menyurat yang masuk maupun keluar dari lembaga ke lembaga lain," ujarnya. 

Menurutnya, dengan adanya aplikasi e-Office itu nanti, tentu akan mempersingkat penyelesaian administrasi surat-menyurat. 

"Kemarin kita sudah melakukan uji coba di internal kita khususnya di tingkat Dinas Kominfo. Jika ada penyempurnaan lagi dari rekan-rekan apa yang masih menjadi kelemahan atau kekurangannya, maka akan kita perbaiki dan sempurnakan setelah itu akan kita uji coba kembali untuk diterapkan secara keseluruhan," ungkapnya. 

Namun, sebelum diterapkannya aplikasi e-Office tersebut, pihaknya akan mengundang semua OPD dan Sekretariat Daerah untuk memaparkan mengenai teknik atau cara pengoperasian aplikasi ini. 

"Sehingga, penyelesaian administrasi berupa surat-menyurat baik yang masuk atau keluar bisa cepat diselesaikan dan dipantau perkembangannya di setiap tingkatan-tingkatan penyelesaiannya," jelasnya. 

Karena, apabila sudah siap, maka aplikasi e-Office ini akan pihaknya bagikan ke semua OPD di lingkungan Pemkot Singkawang sampai ke tingkat kelurahan. 

"Sehingga dalam mengolah surat-menyurat itu nanti tidak lagi repot dan lebih efisien," tuturnya. (rud/lha)