Minggu, 22 September 2019


Tim Mabes Polri Cek Kesiapan Pengamanan Logistik

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 113
Tim Mabes Polri Cek Kesiapan Pengamanan Logistik

FOTO BERSAMA - Tim Mabes Polri foto bersama usai memantau kesiapan pengamanan logistik di Kantor KPU Singkawang.

Tim Mabes Polri kembali datang ke Kantor KPU Singkawang guna memantau pengamanan logistik jelang didistribusikan untuk kebutuhan Pemilu 2019, Rabu (10/4). 

"Sebelumnya, pendistribusian logistik kita jadwalkan pada 11 April, namun dikarenakan pengemasan kotak suara masih belum siap maka pendistribusian logistik kita jadwalkan pada 14 April 2019," kata Ketua KPU Singkawang, Riko. 

Intinya, pengunduran jadwal pendistribusian logistik tidak ada permasalahan yang lain, selain belum siapnya pada pengemasan kotak suara. 

Dalam pendistribusiannya nanti, KPU Singkawang akan melibatkan pengawalan dari pihak kepolisian, TNI, dan Bawaslu. 

Dia pun berharap, pendistribusian logistik nantinya dapat didukung dengan cuaca yang bersahabat. 

"Mudah-mudahan cuaca bagus dan tidak hujan. Karena, kalau cuaca bagus, maka pendistribusian logistik untuk masing-masing tingkatan bisa kita selesaikan dalam satu hari," ujarnya. 

Artinya, satu hari dari KPU ke PPK, satu hari dari PPK ke PPS, dan satu hari dari PPS ke TPS. 

Riko juga mengatakan, pihaknya sedang menunggu penambahan logistik berupa surat suara sebanyak empat ribu lembar. Penambahan ini, katanya, merupakan pergantian dari hasil sortir yang sudah dilakukan pihaknya beberapa waktu yang lalu. 

"Dalam sortir itu, kita masih menemukan surat suara yang rusak atau cacat," ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Kabag Ops Polres Singkawang, Kompol Joko S mengatakan, jika dirinya sudah menyiapkan personel pengamanan dalam pendistribusian logistik baik dari KPU ke PPK, PPK ke PPS, dan PPS ke TPS. 

Sedangkan upaya-upaya Polres Singkawang dalam menjaga suasana kondusif selama kegiatan pemilu sudah cukup banyak dengan melibatkan Bhabinkamtibmas turun langsung ke masyarakat.

Secara keseluruhan, anggota yang terlibat dalam pengamanan pemilu, khususnya di TPS, sebanyak 222 personel. 

Di masing-masing TPS, pihaknya menempatkan personel sesuai pola seperti pola aman 1-4-8, TPS rawan satu 1-3-6, rawan dua 1-2-4, dan rawan tiga 1-1-2. 

"Sampai saat ini, kondisi Singkawang masih aman dan terkendali. Meski demikian, kita tetap selalu waspada terhadap segala ancaman yang mungkin bisa terjadi," pungkasnya. (rud/lha)