TNI-Polri Tegaskan Netral pada Pemilu 2019

Singkawang

Editor elgiants Dibaca : 81

TNI-Polri Tegaskan Netral pada Pemilu 2019
APEL - TNI-Polri Singkawang menggelar apel sinergitas pengamanan Pemilu 2019 beberapa waktu lalu. Keduanya memastikan akan netral dalam Pemilu 2019.
SINGKAWANG, SP - Komandan Kodim (Dandim) 1202/Skw, Letkol Arm Victor Jacob Lucas, memastikan jika Tentara Nasional Indonesian (TNI) bakal netral pada Pemilu 2019. 

"Anggota TNI di jajaran Kodim 1202 bakal netral dalam menjalankan tugas, baik TNI yang ada di Singkawang, Sambas, dan Bengkayang," kata Victor, Rabu (10/4).

TNI, kata dia, akan menjalankan tugas sesuai dengan pedoman yang sudah diinstruksikan pimpinan atas agar Pileg maupun Pilpres dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

Secara terpisah, Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi juga siap menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan Pemilu 2019 berjalan. 

"Kami jamin keamanan dalam tahap kampanye, mulai dari saat ini sampai dengan masa tenang, bahkan kami jamin keamanan masyarakat untuk datang ke TPS," katanya. 

Dan pihak kepolisian juga akan membantu jika ada kesulitan geografis (jarak) dalam rangka masyarakat memberikan hak suaranya. 

"Dalam artian, kita akan membantu untuk mobilisasinya, yang tujuannya agar sebanyak-banyaknya masyarakat menggunakan hak pilih untuk pemilu nanti," ujarnya. 

Jumlah personel yang akan pihaknya kerahkan untuk pengamanan pemilu adalah sebanyak 2/3 kekuatan ditambah 100 personel BKO Polda Kalbar. 

"Rencananya kita juga akan melakukan cipta kondisi sesuai dengan zona (terutama H-3) pemilu, kami akan berada di tengah-tengah masyarakat sehingga menciptakan rasa aman di masyarakat," ungkapnya. 

Sementara penempatan personel di TPS, kata dia, akan disesuaikan dengan pola mulai dari TPS aman, rawan, rawan 1, rawan 2, dan rawan 3.  

"Jadi, itu sudah kita tentukan orang-orangnya," jelasnya. (rud/lha)


Sinergi dengan Polri

Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, juga sebelumnya menegaskan, jika TNI harus netral dalam Pemilu 2019. 

"Selama ini juga tidak ada masalah dan saya jamin, pelaksanaan Pemilu 2019 TNI akan tetap netral," katanya. 

Dia pun memastikan, pelaksanaan Pemilu 2019 kelak dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.

"Terlebih kita selalu bersinergis dengan Polri dalam melakukan pengamanannya," ujarnya. (rud/lha)