Singkawang Community Fest Wadah Kreativitas

Singkawang

Editor elgiants Dibaca : 89

Singkawang Community Fest Wadah Kreativitas
MEMBUKA - Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro membuka event Singkawang Community Fest 2019 di Gedung Singkawang Cultural Center (SCC), beberapa waktu lalu.
SINGKAWANG, SP - Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro membuka event yang bertajuk Singkawang Community Fest 2019 di Gedung Singkawang Cultural Center (SCC), beberapa waktu lalu.

"Community Fest 2019 merupakan salah satu event di Kota Singkawang sebagai tempat berkumpulnya komunitas-komunitas dan kreativitas pemuda," kata Sumastro.

Dia mengatakan, kegiatan yang digagas ini sejalan dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang yang menegaskan mewujudkan Singkawang Hebat. 

"Tentunya dalam mengisi berbagai program untuk mewujudkan Singkawang Hebat salah satu aktor utamanya adalah kreativitas," ujarnya.

Seperti yang dikawal, digagas, dipikirkan dan dikerjakan oleh tim kreatif dari Singkawang Community Fest.

Sumastro berharap, pelaksana kegiatan ini ke depannya dapat melibatkan lebih banyak pelaku usaha dan generasi muda yang punya ide kreatif.

"Inilah yang disebut ekonomi kreatif, di mana ekonomi kreatif saat ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional," ungkapnya.

Seiring perkembangan, saat ini pelaku usaha tidak mesti mempunyai toko ataupun gudang maupun modal yang besar. Tetapi, kata dia, dengan menyediakan satu informasi melalui Informasi dan Teknologi (IT) seperti media sosial dan lain-lain, pelaku usaha dapat menujukkan hasil kreativitasnya.

"Apa saja bisa kita jual dan kita tunjukkan di dalam media sosial melalui IT," ucapnya.

Dia juga menyampaikan pesan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, agar kegiatan kepemudaan yang mendorong peningkatan ekonomi kreatif bisa menjadi bagian program kerja yang nyata dan bisa diperkuat. 

"Sesuatu yang baik dari pemuda maupun masyarakat Kota Singkawang untuk kemajuan di berbagai bidang, tentunya akan kita support," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Ahmad Maulana mengatakan, kegiatan ini merupakan kali kedua dilaksanakan. 

"Sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan di Singkawang Grand Mall. Alhamdulillah, kegiatan kali ini mendapat support teman-teman dari Kabupaten Sambas," katanya.

Ahmad Maulana yang akrab disapa Olan mengatakan, agenda ini menampilkan Fashion, Kelompok Pecinta Pejuang, Kuliner, Kote Singkawang, dan komunitas-komunitas. 

Komunitas itu di antaranya Singkawang Membaca, Yoyok komik, pecinta vespa, kelompok mural, Blogger, Genpi, OI, Air Softgun, Haris sablon, kolektof dinding, dan lainnya.

"Semua yang mengikuti dan mengisi kegiatan ini gratis. Tanpa ada biaya apa pun," ujarnya.

Dia berharap, semua komunitas yang ikut serta dapat sharing dan bertukar informasi. 

"Intinya bagaimana kita (komunitas-komunitas) di Kota Singkawang dengan keberagaman untuk mewujudkan Singkawang Hebat," ajaknya. (rud/lha)


Rangkul Lebih Banyak Komunitas

Salah satu peserta dari Komunitas Kote Singkawang bidang batik tulis, Priska Yeniriatno berharap, event Singkawang Community Fest ke depannya harus bisa mengajak lebih banyak lagi komunitas yang terlibat. 

"Untuk event di tahun ini sangat seru. Event pertama yang bisa merangkul komunitas. Walaupun belum semua komunitas, tapi seru," katanya. 

Sehingga, melalui event ini teman-teman yang produktif berkarya bisa benar-benar pamer karya.

"Kalo lebih ramai komunitasnya, kan pasti lebih seru," ujarnya. (rud/lha)