Selasa, 10 Desember 2019


Sejumlah Ruas Jalan di Singkawang Banjir

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 556
Sejumlah Ruas Jalan di Singkawang Banjir

Satu di antara ruas jalan di Singkawang yang terendam banjir.

SINGKAWANG, SP - Curah hujan tinggi yang terjadi beberapa hari di Kota Singkawang mengakibatkan sejumlah ruas jalan menjadi banjir. 

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Singkawang, Jayadi mengatakan, hingga hari ini ada beberapa kelurahan yang mengalami banjir. 

"Untuk Kecamatan Singkawang Tengah ada 4 kelurahan, Singkawang utara 2 kelurahan," katanya, Minggu (28/4).

Ketinggian air rata-rata sekitar 0-25 Cm  di kawasan banjir, sementara yang paling dalam ada di gang Santri, dimana ketinggian air diperkirakan 0-65 Cm. 

Dalam rangka keselamatan bersama menghadapi banjir, dia berpesan apabila air semakin naik dan kiranya membahayakan, segeralah bawa keluarga ke tempat yang aman atau mengungsi ke institusi terdekat kelurahan atau kecamatan  

"Jangan biarkan putra putri kita bermain di air terlebih di arus sungai yang deras dan hati-hati dengan instalasi listrik anda serta miliki alat-alat survival kita dan logistik secukupnya," pesannya.

Hal itu dipesankan dia, mengingat prakiraan BMKG bahwa hampir 9 hari ini durasi hujan diprediksikan lebih dari 3 jam baik dari hulu maupun hilir.

Salah satu korban banjir yang tinggal di Jalan Pramuka, Kelurahan Bukit Batu, Kecamatan Singkawang Tengah, Maryadi mengatakan, jika ketinggian air di tempatnya sudah setinggi 40 Cm. 

"Bahkan air sudah mulai naik dan hampir masuk ke dalam rumah," katanya. 

Seperti biasanya, kalau air sudah masuk ke dalam rumah, dia bersama keluarga terpaksa mengungsi di rumah orang tua yang beralamat di Kelurahan Roban. 

"Yang jelas kita siaga saat ini, dikhawatirkan air semakin naik," ujarnya. (rud)