26 Peserta Ikuti Cabang Lomba Hifzil Qur'an Golongan 5 Juz

Singkawang

Editor elgiants Dibaca : 60

26 Peserta Ikuti Cabang Lomba Hifzil Qur'an Golongan 5 Juz
LOMBA - Salah satu peserta saat tampil pada Cabang Lomba Hifzil Qur'an Golongan 5 Juz Ma'at Tilawah pada STQ XXV tingkat Provinsi Kalbar, di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang.
SINGKAWANG, SP - Sebanyak 26 peserta mengikuti lomba cabang Hifzil Qur'an Golongan 5 Juz Ma'at Tilawah pada STQ XXV tingkat Provinsi Kalbar, di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (29/4). 

"Sebanyak 26 peserta ini terdiri dari 13 Hafiz dan 13 Hafizah," kata Ketua Majelis Hakim Cabang Hifzil Qur'an Golongan 1 dan 5 Juz Ma'at Tilawah, Hamidi Mi'raj. 

Menurutnya, dalam lomba ini, ada dua penilaian yang diberikan, yakni Tilawah dan Tahfiz. 

"Kalau di Tilawahnya itu yang dinilai adalah Tajwidnya, Asoah, lagu, dan suara. Sedangkan di Tahfiznya yang dinilai itu adalah tahfiz, tajwid dan Asoah," ujarnya. 

Mengingat perlombaan ini untuk mencari yang terbaik untuk tampil di STQ tingkat nasional, diharapkan ada peserta asal Kalbar yang mampu untuk bertanding di ajang tersebut. 

"Sehingga pada STQ tingkat Provinsi Kalbar ini adalah untuk mencari peserta yang terbaik untuk mewakili Kalbar pada STQ tingkat nasional," ungkapnya. 

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengatakan, digelarnya STQ XXV tingkat Provinsi Kalbar di Singkawang ini sebagai ajang persiapan Kalbar untuk menghadapi STQ tingkat nasional, yang direncanakan akan digelar di Kota Pontianak pada akhir Juni-Juli 2019.

Sehingga, setelah STQ tingkat Provinsi Kalbar selesai, maka pihaknya akan segera menetapkan kafilah Kalbar untuk mengikuti STQ tingkat nasional. 

"Kalau dapat dilakukan TC seawal mungkin dan kalau bisa dilatih dengan pelatih-pelatih yang betul-betul sudah memiliki prestasi di tingkat internasional. Mengingat persiapannya hanya tinggal satu bulan lagi," ujarnya. 

Tujuannya, supaya Kalbar sebagai tuan rumah bisa meraih prestasi. 

Dia berharap, STQ tingkat Provinsi Kalbar yang dilaksanakan di Singkawang ini bisa menjadi momentum untuk berprestasi di ajang STQ tingkat nasional. 

"Saya berharap STQ kali ini bisa lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya. (rud/lha)