Pemkot dan Satgas Pangan Berencana Cek Gudang Penampungan Sembako

Singkawang

Editor elgiants Dibaca : 141

Pemkot dan Satgas Pangan Berencana Cek Gudang Penampungan Sembako
Kadis Perindagkop Singkawang, Muslimin
SINGKAWANG, SP - Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Singkawang, Muslimin mengatakan jika Singkawang merupakan salah satu produsen terbesar baik ayam maupun telur. 

"Anehnya, setiap menjelang hari besar keagamaan, dua komoditi selalu mengalami kenaikan yang cukup tinggi," kata Muslimin, Minggu (12/5).  

Menyikapi hal ini, maka pihaknya bersama Satgas Pangan Polres Singkawang dan instansi lainnya berencana akan melakukan pengecekan di dugang-gudang penampungan bahan keperluan sembilan bahan pokok (sembako). 

"Harus ada intervensi dari pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada produsen," ujarnya. 

Artinya, di satu sisi Pemkot Singkawang menginginkan agar pedagang atau produsen mendapatkan keuntungan, di sisi lain Pemkot juga berupaya untuk melindungi masyarakat selaku konsumen. 

"Jangan sampai ketika masyarakat memerlukan seperti kondisi bulan suci Ramadan sekarang ini, justru harga menjadi naik sehingga menyusahkan masyarakat," ungkapnya. 

Muslimin menambahkan, untuk jangka menengah hingga panjang bahwa sistem mekanisme seperti ini memang harus diubah. 

Oleh karena itu, pihaknya bersama Satgas Pangan Polres Singkawang, bahkan sudah diperintahkan oleh Gubernur Kalbar untuk mengecek gudang-gudang yang dibangun untuk menampung bahan keperluan sembako. 

"Terkait dengan rencana pengecekan gudang ini, sedang kita koordinasikan dengan Satgas Pangan Polres Singkawang dan instansi lainnya," jelasnya. 

Dia berharap, ke depan, harus ada regulasi untuk memberikan harga acuan supaya pada momen-momen hari besar keagamaan baik masyarakat maupun produsen sama-sama tidak dirugikan. (rud/lha)