Masyarakat Dayak Tonjolkan Dua Nuansa Budaya dalam Gawai

Singkawang

Editor elgiants Dibaca : 123

Masyarakat Dayak Tonjolkan Dua Nuansa Budaya dalam Gawai
MENGHIAS JALAN - Panitia Gawai Naik Dango Singkawang mulai menghias beberapa ruas jalan untuk menyambut pesta naik Dango. Ist
SINGKAWANG, SP - Masyarakat Dayak Kota Singkawang saat ini sedang mempersiapkan  pesta Naik Dango, yang rencananya akan digelar dari tanggal 27-30 Mei 2019. 

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang, Stefanus mengatakan, saat ini persiapan pesta tersebut sudah mencapai 55 persen. 

"Berdasarkan hasil rapat panitia, bahwa gawai Naik Dango Singkawang akan dipusatkan di dua tempat, yaitu di Rumah Betang dan Singkawang Grand Mall," kata Stefanus, Rabu (22/5). 

Untuk di Rumah Betang, kata dia, dikhususkan untuk acara adat. Sedangkan di Singkawang Grand Mall, dikhususkan untuk acara pentas seni dan lomba. 

Stefanus menambahkan, setelah dilakukan upacara adat pada pembukaan gawai Naik Dango di Rumah Betang, akan dilanjutkan dengan pawai yang dimulai dari Stadion Kridasana menuju ke Singkawang Grand Mall. 

Kemudian, dalam rangka menyambut dan memeriahkan gawai tersebut, panitia juga akan menghias gerbang selamat datang dan beberapa ruas jalan seperti Jalan Diponegoro, Jalan Firdaus, dan Jalan Alianyang. 

Menurutnya, acara gawai Naik Dango tahun ini, digelar bersamaan dengan bulan suci Ramadan, sehingga ada dua nuansa budaya yang ditonjolkan guna menunjukkan Singkawang sebagai kota paling toleran di Indonesia. 

"Bagi masyarakat Singkawang yang ingin menyaksikan acara hiburan dan lomba, silakan datang ke Singkawang Grand Mall. Karena acara tersebut digelar terbuka untuk umum," ujarnya. (rudi/lha)