Selasa, 17 September 2019


Dinkes Targetkan Jumlah PBI JKN-KIS Capai 20 Ribu Jiwa

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 72
Dinkes Targetkan Jumlah PBI JKN-KIS Capai 20 Ribu Jiwa

Ilustrasi

SINGKAWANG, SP - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang menargetkan jumlah Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN-KIS mencapai 20 ribu jiwa pada 2019.

"Namun dikarenakan keuangan daerah masih belum mampu untuk mencukupi kuota tersebut, sehingga Pemkot Singkawang membatasi dengan janji TAPD akan mengusulkan sisanya pada APBD-Perubahan 2019," kata Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang, A Kismed, Senin (10/6).

Sementara ini, kata dia, alokasi dana yang ada untuk PBI JKN-KIS sekitar Rp4 miliar. Sementara alokasi dana yang dibutuhkan atau diusulkan untuk memenuhi kuota 20 ribu jiwa adalah sebesar Rp5,5 miliar. 

"Sehingga kekurangannya masih ada sekitar Rp1,5 miliar," ujarnya.

Kismed berharap, TAPD Pemkot Singkawang bisa berkomitmen mengusulkan sisa PBI JKN-KIS yang belum bisa diakomodasi. Sehingga, jumlah PBI JKN-KIS tahun 2019 yang diusulkan bisa terpenuhi. 

"Mengingat jumlah tersebut sudah merupakan perhitungan kita dari awal," ungkapnya. 

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, perlu dilakukan validasi kepada kelompok sasaran PBI JKN-KIS. 

"Kita tidak bisa langsung menetapkan sekian yang belum tertampung dan sekian yang sudah. Tetapi harus melalui pendekatan yang lebih objektif untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran kepada yang betul-betul memerlukan bantuan itu," katanya. 

Sehingga dalam hal ini, dia lebih memperhatikan pada validasi data-data yang dibangun dalam rangka untuk menentukan sasaran PBI JKN-KIS. 

"Jika memang dinyatakan masih kurang, kita akan coba komunikasikan kembali kepada semua pihak kalau memang akan ditampung didalam APBD. Tentunya ada forum bersama dengan DPRD untuk mengambil langkah-langkah dalam rangka memperjuangkan kuota yang belum tertampung," pungkasnya. (rud/lha)