Tjhai Chui Mie Usulkan Pembangunan dan Pelebaran Jalan

Singkawang

Editor elgiants Dibaca : 1856

Tjhai Chui Mie Usulkan Pembangunan dan Pelebaran Jalan
MENYERAHKAN - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, menyerahkan data-data perencanaan desain pembangunan dan pelebaran jalan ke Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XX, Kementerian PUPR, di Kota Pontianak, Selasa (11/6). Ist
SINGKAWANG, SP - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, bersama Kadis PUPR Singkawang, Asir A Bakar, melakukan pertemuan dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XX, Kementerian PUPR, di Kota Pontianak, Selasa (11/6). 

"Di Pontianak, saya didampingi Kadis PUPR Singkawang, Asir A Bakar, untuk bertemu langsung dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XX, Kementerian PUPR Pontianak, Ir Djunaidi, MT beserta jajarannya,"  kata Tjhai Chui Mie. 

Selain membahas pembangunan jalan Tol Pontianak-Singkawang yang sudah disetujui oleh pemerintah pusat, Tjhai Chui Mie juga mengusulkan pembangunan infrastuktur jalan di Kota Singkawang.

"Kita juga mengusulkan pembangunan akses jalan menuju Bandara Singkawang dan pelebaran jalan dua arah di Kota Singkawang. Karena pelebaran jalan yang dilakukan hanya menuju Pasir Panjang dan semoga pelebaran jalan juga dapat merambah ke dalam kota," ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Tjhai Chui Mie juga mengusulkan pembangunan jalan lingkar (Ring Road), yakni Ring Road Barat dan Selatan. 

"Usulan jalan lingkar ini untuk akses jalan ke Kabupaten Sambas dan Bengkayang melalui jalan lingkar," jelasnya.

Menurutnya, berkas dan perencanaan desain dan data sudah pihaknya sampaikan ke Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XX, Kementerian PUPR, di Kota Pontianak.

"Kita sangat berharap apa yang menjadi usulan dapat terwujud," katanya.

Diketahui, Kementerian PUPR melalui Dirjen Bina Marga, Sugiyartanto menyatakan, rencana kajian pengembangan tol Pontianak-Singkawang sepanjang 144 km cukup feasible. Karena, di Singkawang juga akan ada pelabuhan besar, yakni Pelabuhan Kijing. 

Pontianak sebagai ibu kota Kalbar yang merupakan Pusat Kegiatan Nasional (PKN) dinilai sudah memenuhi persyaratan pembangunan jalan tol. (rud/lha)