Polres Amankan Tiga Pria

Singkawang

Editor elgiants Dibaca : 85

Polres Amankan Tiga Pria
DIAMANKAN - Tiga pria yang diamankan jajaran Satuan Narkoba Singkawang karena diduga terlibat dalam tindak pidana narkotika. Ist
SINGKAWANG, SP - Jajaran Satuan Narkoba kembali meringkus pelaku narkoba jenis sabu di dua TKP yang berbeda di wilayah hukum Polres Singkawang. 

"Dari penangkapan tersebut, kita berhasil mengamankan tersangka sebanyak tiga orang masing-masing berinisial AR alias Boy, TS alias Amun, dan AL," kata Kasat Narkoba Polres Singkawang, Iptu Robert Damanik, Minggu (16/6).

Dia menjelaskan, bahwa tersangka AR alias Boy berhasil diamankan di Jalan Pramuka, Gang Abdul Wahid, Kelurahan Condong Kecamatan Singkawang Tengah, Jumat (14/6), sekitar pukul 09.00 WIB. 

Dari tersangka AR alias Boy, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa satu buah plastik klip berisi sisa narkotika jenis sabu, empat buah potongan pipa kaca, satu buah sendok piket warna bening, satu buah bong kaca alat hisap sabu warna kuning di atasnya terpasang pipet dan tabung kaca, satu bungkus plastik klip merk C-TIK, dan uang tunai diduga hasil penjualan narkotika senilai Rp13.450.000.

Sementara tersangka TS alias Amun dan AL berhasil diamankan di Jalan Ratu Sepudak, Kelurahan Sei Bulan, Kecamatan Singkawang Utara, Kamis (13/6), sekitar pukul 16.30 WIB. 

Dari kedua tersangka, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa satu buah plastik klip ukuran besar berisi narkotika jenis sabu, dua buah plastik klip ukuran sedang berisi narkotika jenis sabu, dua buah plastik klip ukuran kecil berisi narkotika jenis sabu dengan brutto keseluruhan 12,90 gram.

Juga satu buah bong plastik alat hisap sabu diatasnya ada tabung kaca, satu bungkus plastik klip merk KITZ, uang senilai Rp265.000 milik terlapor a.n. TS alias Amun dan uang senilai Rp735.000 milik terlapor a.n. AL.

Robert menceritakan, sebelum penangkapan dilakukan kepada dua tersangka TS alias Amun dan AL, pihaknya mendapatkan informasi bahwa kedua terlapor ini sering mengedarkan narkoba jenis sabu dan ekstasi  di wilayah Singkawang Utara dan di sebuah diskotek di Kota Singkawang. 

"Kemudian atas petunjuk pimpinan meminta agar anggota melakukan penyelidikan atas informasi dan keberadaan kedua terlapor," ujarnya.

Anggota pun lantas mengetahui keberadaan kedua terlapor. Berdasarkan informasi tersebut dilakukanlah penangkapan dan penggeledahan terhadap terlapor TS alias Amun dan AL. 

"Pada saat dilakukan penggeledahan di dalam kamar, terlapor mengakui bahwa ada menyimpan narkoba jenis sabu didalam kocek celana hitam terlapor AL," ungkapnya.

Pada saat digeledah badan dan kamar terlapor, ditemukanlah barang bukti berupa dua klip plastik transparan berisikan kristal putih diduga narkotika jenis sabu yang ditutup terlapor dengan kain di atas kursi plastik, satu klip plastik transparan berisi kristal putih diduga narkotika jenis sabu di kursi sofa, satu klip plastik transparan berisi kristal putih ditemukan di samping kursi sofa yang berada di dalam kamar terlapor. 

"Atas temuan barang bukti tersebut, kemudian kedua terlapor dan barang bukti dibawa ke Polres Singkawang guna pemeriksaan lebih lanjut," tuturnya. 

Atas perbuatannya, ketiga tersangka akan dikenakan Pasal 114 Ayat (1) dan atau Pasal 112 Ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009. (rud/lha)

Komitmen Berantas Habis 

Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi mengatakan, jika pihaknya berkomitmen akan memberantas habis penyalahgunaan dan peredaran narkotika.

"Jangan macam-macam masalah narkotika," katanya.

Dirinya akan menindak tegas dan tidak akan pandang bulu siapa pun pelakunya.

"Mau itu masyarakat ataupun oknum-oknum termasuk anggota, akan saya sikat habis," tegasnya. (rud/lha)