Minggu, 22 September 2019


Forum LLAJ Rencanakan Patroli Bersama

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 215
Forum LLAJ Rencanakan Patroli Bersama

MEMASANG - Forum LLAJ Singkawang memasang plang larangan parkir kendaraan di sekitar kawasan Kota Pusaka, Selasa (2/7). Ist

SINGKAWANG, SP - Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Singkawang berencana akan melakukan patroli bersama pasca diberlakukannya larangan parkir kendaraan di sekitar Vihara Tri Dharma Bumi Raya atau kawasan Kota Pusaka, Selasa (2/7).

"Patroli bersama yang kita rencanakan bertujuan untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas di Kota Singkawang," kata Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Singkawang, Iptu Jamian, Kamis (4/7). 

Bahkan, pihaknya tak segan-segan memberikan tindakan baik berupa teguran maupun tilang bagi masyarakat yang masih memarkirkan kendaraannya di tempat yang di larang. 

"Karena memarkirkan kendaraan baik di tikungan, jembatan ataupun sekitar Vihara, tidak diperbolehkan lantaran hal tersebut dapat mengganggu ketertiban serta kelancaran arus lalu lintas," ujarnya. 

Namun, sebelum dilakukannya penindakan, sosialisasi ke masyarakat akan terus digencarkan. 

"Di mana sosialisasi itu akan kita lakukan secara bertahap kepada masyarakat maupun pedagang," ungkapnya.

Sebelumnya, Kabid Darat Dinas Perhubungan Singkawang, Moklis mengatakan, sesuai dengan ketentuan bahwa pulau jalan dilarang untuk dijadikan tempat parkir. 

"Namun pada penertiban ini, kita tidak melarang masyarakat untuk parkir, tetapi mengalihkan ke kantong-kantor parkir yang sudah ada," katanya. 

Kantong-kantor parkir yang disiapkan, kata dia, ada di Jalan Sejahtera, Jalan Niaga, belakang dan samping Vihara, Jalan Budi Utomo dan Setia Budi. 

"Kantong-kantong inilah yang memang diperbolehkan untuk parkir," ujarnya. 

Dengan sudah dipasangnya plang larangan tersebut, diharapkan agar masyarakat bisa mengetahui bagian dari sosialisasi yang akan dibuat. 

"Karena pulau jalan ini akan dibuat suatu taman yang bertuliskan I Love Singkawang," ungkapnya. 

Dengan begitu, ada ruang untuk pengunjung yang sedang berwisata maupun berswafoto. Oleh karena itu, baik kepada pedagang maupun jukir bisa mengarahkan masyarakat untuk parkir ke tempat-tempat yang sudah disediakan. (rud/lha)

Hormati Tempat Ibadah

Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra sangat mendukung upaya Pemerintah Kota Singkawang untuk menata ulang parkir di atas jembatan dan tikungan di kawasan Vihara Tri Darma Bumi Raya atau Kota Pusaka.

Dia mengatakan, bahwa penataan kawasan tersebut sangatlah perlu. Selain melihat aspek keselamatan pengguna jalan, aspek kenyamanan dan keindahan dari kawasan Vihara juga perlu diperhatikan. 

Terlebih lokasi tersebut merupakan tempat ibadah yang memang harus dihormati dan dijaga.

"Saya sendiri pada beberapa tahun lalu sudah pernah berkomentar berkaitan dengan parkir yang ada di situ karena sudah cukup menggangu, terlebih kalau parkirnya tidak tepat. Ini kan merupakan wilayah tempat ibadah yang diperuntukkan untuk tempat ibadah dan ini harus dihormati. Apa lagi kita adalah masyarakat yang berbudaya dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan," paparnya.

Dia pun menyarankan agar Pemerintah Kota Singkawang dapat segera mengarahkan penataan parkir di lokasi tersebut.

"Kalau untuk parkir, silakan dicarikan tempat yang lain. Supaya kelihatannya lebih elegan dan beretika sebagai kota tertoleran. Saya sangat berharap kawasan ini diatur lebih baik, jangan ada kesan bagi pihak luar yang datang dan menyaksikan keadaan lokasi tempat ibadah, dan mereka membuat sebuah persepsi yang kurang menguntungkan. Apa lagi Singkawang telah dicanangkan sebagai kota wisata," ungkapnya.

Kepada warga masyarakat Kota Singkawang, diharapkan untuk bersama - sama menjaga ketertiban di Kota Singkawang.

"Sebagai kota tertoleran, saya berharap kepada warga juga turut menjaga, kita tingkatkan ketertiban dan dari pemerintah diharap juga dapat memberikan regulasi yang tepat terkait perparkiran, kita tingkatkan lagi," ajaknya. (rud/lha)