Rabu, 13 November 2019


Singkawang Diharapkan Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 253
Singkawang Diharapkan Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi

RAKERNAS - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, saat mengikuti Rakernas XIV Apeksi di Semarang, Kamis (4/7). Ist

SINGKAWANG, SP - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, berharap Singkawang ke depan dapat diberi kesempatan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh lndonesia (Apeksi).

Hal tersebut disampaikan Tjhai Chui Mie usai mengikuti Rakernas XIV Apeksi di Semarang, Kamis (4/7).

Menurutnya, penyelenggaraan Rakernas Apeksi XIV di Semarang yang dihadiri 98 pemerintah kota berjalan dengan sukses, diawali dari penyambutan para peserta di bandara sampai kegiatan-kegiatan lainnya dilaksanakan dengan tertib namun tetap memperhatikan kekompakan dan kekeluargaan.

"Semoga ke depan kita diberi kesempatan sebagai tuan rumah, dan sistem kerja Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Kota terdahulu yang bagus dapat diadopsi untuk diterapkan di Singkawang," harapnya.

Dia berkeyakinan sebagai tuan rumah, tentu akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kota Singkawang khususnya dan Kalimantan Barat umumnya.

Rakernas Apeksi, kata dia, diikuti oleh seluruh Pemerintah Kota se-Indonesia. Setiap pemerintah kota mengirimkan timnya.

“Semua itu perlu transportasi, makan, belanja, dan berwisata. Hal ini bisa memberikan multiplier effect bagi masyarakat. Juga momen tersebut dapat dijadikan peluang dalam mempromosikan potensi yang ada," katanya.

Dia berpendapat bahwa penyelenggaraan Rakernas Apeksi sangat efektif sebagai media dalam komunikasi antarpemerintah kota se-lndonesia dan kesempatan tersebut peserta bisa memberikan masukan kepada Presiden apa yang menjadi aspirasi dari wali kota se-Indonesia.

"Dalam Rakernas, kita dapat menyampaikan aspirasi kepada pemerintah pusat khususnya untuk memajukan daerahnya masing-masing. Untuk Rakernas XIV ini juga disampaikan materi-materi dari para narasumber. Salah satunya adalah strategi dana transfer daerah untuk mendukung profesionalitas dan kemandirian keuangan daerah,” ujarnya.

Tak hanya itu, kegiatan inti Rakernas Apeksi kali ini juga membahas tentang dana kelurahan untuk penguatan pemerintah daerah, serta solusi penyelesaian tenaga K2 atau honorer untuk mendukung profesionalitas di daerah. (rud/lha)