Senin, 23 September 2019


Sebuah Rumah di Singkawang Utara Terbakar

Editor:

Shella Rimang

    |     Pembaca: 201
Sebuah Rumah di Singkawang Utara Terbakar

Warga berjibaku membersihkan puing-puing sisa kebakaran.

SINGKAWANG, SP - Sebuah rumah milik H Mukminin, yang beralamat di Jalan Ratu Sepudak, Kelurahan Sungai Garam Hilir, Kecamatan Singkawang Utara terbakar, Sabtu (3/8) sekitar pukul 11.45 WIB.

Diketahui, api yang muncul dari dapur rumah korban, hampir habis melahap atap rumah yang berbahan genting dan platform plastik.

Kapolsek Singkawang Utara, IPTU Sunaryo mengatakan, berdasarkan informasi yang diberikan masyarakat, jika kebakaran terjadi sekitar pukul 11.45 WIB.

"Terjadi antara salat zuhur dan qomat," katanya.

Beruntung, dalam hitungan menit petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dan akhirnya kobaran api dapat dengan segera dipadamkan.

Namun, dikarenakan dek rumah terbuat dari platform plastik, sehingga api dengan sangat mudah melahapnya.

"Alhamdulillah, dari kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian materiil saja. Meskipun korban tinggal sendirian di dalam rumah," ujarnya.

Pihaknya, masih melakukan penyelidikan dari mana sumber api berasal. Namun, berdasarkan olah TKP yang anggota lakukan, diduga kuat api muncul dari dapur atau kamar rumah korban.

"Saat ini, kondisi pemilik rumah sedang tidak stabil dan disarankan untuk beristirahat," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua RT 009, RW 004, Kelurahan Sungai Garam Hilir, Asfan Munardi mengaku tidak tahu persis jam berapa kebakaran terjadi.

"Sekitar pukul 12-an saya dikasih tahu oleh anak saya, bahwa ada rumah yang terbakar di tempat Haji Mukminin," katanya.

Mendapat informasi itu, dirinya pun langsung mendatangi lokasi kebakaran. Namun, begitu sampai di lokasi mendapati api sudah sangat besar tepatnya di dapur rumah korban. Begitu masuk ke dalam rumah, rupanya api sudah menyebar ke ruangan dalam rumah.

"Saya pun langsung mengambil ember dan sebagainya untuk menyiram api tersebut," ujarnya.

Tapi, 15 menit melakukan pemadaman, petugas pemadam kebakaran pun tiba di lokasi.

"Sehingga pemadaman pun diteruskan oleh pemadam, kami pun langsung istirahat," tuturnya. (rud)