Kamis, 19 September 2019


Pelaku IKM dan UKM Singkawang Diminta Fokus Produksi Produk Unggulan

Editor:

Shella Rimang

    |     Pembaca: 68
Pelaku IKM dan UKM Singkawang Diminta Fokus Produksi Produk Unggulan

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meninjau stan Singkawang Expo.

SINGKAWANG, SP - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, meminta kepada pelaku usaha IKM dan UKM Singkawang untuk benar-benar fokus dalam memproduksi produk unggulan yang ada, sehingga Pemkot Singkawang bisa membantu dalam memasarkannya.   

"Terlebih di tahun ini kita sudah menetapkan produk unggulan, seperti terasi, mi asin, ikan asin, dan tahu," kata Tjhai Chui Mie, usai membuka Pameran Singkawang Expo dalam rangka memperingati HUT Pemkot ke-18Singkawang tahun 2019, di halaman Stadion Kridasana, Rabu (21/8) malam.  

Acara pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota Singkawang bersama Konsulat Ekonomi KJRI Kuching, Malaysia, Irhamna Fitria dan Forkopimda Kota Singkawang.  

Tjhai Chui Mie berharap, melalui Expo yang digelar, pelaku usaha IKM dan UKM Singkawang juga bisa memperkenalkan produk-produk unggulan mereka ke masyarakat luas.  Terlebih, Expo di tahun ini selain dihadiri instansi dari Pemerintah, kepolisian dan TNI, BUMD dan BUMN, juga dihadiri beberapa perusahaan dari Kuching, Sarawak.

"Saya berharap, pelaku IKM dan UKM Singkawang harus lebih kreatif dan berinovasi," ujarnya.  

Sehingga, dengan adanya modifikasi dan sebagainya akan membuat usahanya akan semakin maju dan berkembang.

"Dengan begitu, pelaku usaha menengah ke bawah akan sangat terbantu dan lebih banyak merekrut tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang," ungkapnya.  

Pada kesempatan yang sama, Konsulat Ekonomi KJRI Kuching, Malaysia, Irhamna Fitria mengatakan, tujuan beberapa perusahaan dari Kuching Malaysia mengikuti Singkawang Expo adalah, pertama, ingin memperkenalkan produk unggulannya di Kota Singkawang.

Kedua, pihaknya akan terus meningkatkan produk unggulannya dan ketiga harus banyak belajar dari daerah lain maupun negara lain.  

"Kemudian, nanti setelah Expo mereka juga akan menindaklanjutinya secara langsung dengan pengusaha-pengusaha yang ada di Singkawang," katanya. (rud)