Rabu, 11 Desember 2019


Pemilihan Putri Pariwisata Harus Mampu Promosikan Destinasi Wisata

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 58
Pemilihan Putri Pariwisata Harus Mampu Promosikan Destinasi Wisata

PUTRI PARIWISATA - Pemenang terbaik satu (kanan) pemilihan putri pariwisata atas nama Alda Ananda Putri. IST

SINGKAWANG, SP - Pemilihan Putri Pariwisata diharapkan dapat menghasilkan duta promosi pariwisata karena Putri Pariwisata adalah Brand Ambassadors bagi pariwisata Kota Singkawang.

Hal itu sampaikan Staf Ahli Wali Kota Singkawang Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dwi Putra Sumarna, saat membuka Grand Final Putri Pariwisata Singkawang di Atrium Singkawang Grand Mall, Sabtu (16/11) malam lalu.

Dwi mengatakan, Putri Pariwisata harus paham betul akan branding pariwisata Singkawang. Branding pasti ke Singkawang ini resmi karena sudah ada dasar hukumnya berupa Peraturan Wali Kota Singkawang. 

"Branding Pasti ke Singkawang ini bukan hanya milik Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga atau Pemerintah Kota Singkawang saja, tapi juga merupakan milik kita semua selaku insan pariwisata di Kota Singkawang," katanya.

Branding ini, kata dia, terkait citra Singkawang sebagai Kota Pariwisata. 

"Ini yang harus kita jaga dan seluruh komponen masyarakat harus memiliki sikap sadar wisata dalam mewujudkan sapta pesona pariwisata di Kota Singkawang," ujarnya.

Harapannya, adalah akan semakin banyak wisatawan yang datang dan berkunjung ke Kota Singkawang, jadi inilah tujuan dari Branding Pasti ke Singkawang.

Menurutnya, menjadi Putri Pariwisata Kota Singkawang, tentulah merupakan suatu tanggung jawab yang besar. Putri Pariwisata Kota Singkawang diharapkan adalah merupakan SDM yang unggul pada 3B.

"3B yang dimaksud yaitu, Brain artinya kecerdasan, Beauty penampilan/kecantikan, dan

Behavior atau perilaku. Tiga hal ini harus ada pada Putri Pariwisata," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, Putri Pariwisata diharapkan juga memiliki keterampilan berbahasa asing, minimal bahasa Inggris, lebih bagus lagi kalau bisa bahasa Mandarin. Karena, target terbesar wisatawan asing adalah dari negara China, disusul Singapura, Malaysia, dan Australia. 

"Putri Pariwisata Kota Singkawang harus mampu mempromosikan semua destinasi dan daya tarik wisata di Kota Singkawang," pintanya.

Ia berpesan kepada Putri Pariwisata Singkawang, agar pandai-pandailah membawa diri karena mereka dapat dianggap sebagai cerminan pariwisata Kota Singkawang. 

"Putri Pariwisata akan mewakili wajah pariwisata Kota Singkawang pada banyak tamu/wisatawan di berbagai event, baik di dalam Kota Singkawang maupun di luar daerah hingga keluar negeri," katanya.

Berdasarkan keputusan dewan juri, juara terbaik satu pada pemilihan putri pariwisata adalah peserta atas nama Alda Ananda Putri, terbaik kedua Mitha Ferniasari, dan terbaik ketiga Deka Sari. 

Sementara putri berbakat diraih peserta atas nama Dian Rachmawani, putri favorit peserta atas nama Vera Rizqi Prameswari, dan juara fotogenik peserta atas nama Nani Septriyana. (rud/lha)