Petugas Temukan 10 Paket Sabu di Lapas Kelas II B Sintang

Sintang

Editor sutan Dibaca : 1197

Petugas Temukan 10 Paket Sabu di Lapas Kelas II B Sintang
Petugas Lapas Klas IIB Sintang menyerahkan sejumlah barang bukti ke pihak Polres Sintang, Jumat (2/9). (ist)
SINTANG, SP – Sebanyak 10 paket sabu berhasil disita petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas  IIB Sintang lewat razia, Kamis (1/9) malam.  Barang mematikan tersebut ditemukan di rak pakaian di dalam kamar TM  (32), seorang tahanan kasus narkoba.

Kepala Satuan Pengamanan Lapas Sintang, Feri Darmawan menyatakan, Jumat (2/9) pagi, pihaknya sebelum razia sudah mencurigai  gelagat dua orang pengendara sepeda motor yang melintas di sekitar komplek lapas, Kamis (1/9) sore.

“Saat itu  sekitar pukul 15.00 WIB, suasana di sekitar kompleks tampak lengang, lantaran habis hujan. Saat itulah dua orang yang mengendarai motor Mio hijau melintasi jalan kompleks. Gerak geriknya mencurigakan, dan terlihat melempar sesuatu ke dalam lingkungan lapas,” katanya.

“Aksi tersebut terlihat oleh istri seorang petugas lapas yang tinggal di kompleks tersebut, dan langsung melaporkannya ke petugas yang piket. Malamnya sekitar pukul 19.00 WIB, langsung kita gelar razia,” kata Feri.

Pihaknya juga menyita satu bong, satu alat ukur berupa timbangan digital, dan sebuah buku kecil. Barang-barang tersebut dikemas dalam plastik dan dilempar dari luar tembok lapas menggunakan batu pemberat.  

Sebelumnya,  tambah Feri, pihaknya juga berhasil me
nemukan satu paket sabu di dekat blok narkoba. “Petugas sudah curiga kepada TM, dan kecurigaan itu terbukti saat dilakukan pengeledahan pada Kamis malam lalu,” katanya.


Ditambahkan, TM sudah dua kali divonis kasus narkoba. Vonis pertama enam tahun penjara. Belum selesai hukuman, pelaku sudah divonis lagi tujuh tahun karena kedapatan memiliki narkoba di dalam tahanan.

“Belum juga selesai menjalani hukuman enam tahun dan ditambah lagi tujuh tahun, kini tertangkap lagi,” kesal Feri.

Untuk diproses lebih lanjut, kasus ini langsung diserahkan kepada pihak kepolisian. “Semua barang bukti sudah kita serahkan kepada pihak kepolisian. Ini ranah kepolisian untuk mnyelidik dan mengembangkan kasus ini,”pungkasnya.
Sementara itu, kasat narkoba Polres Sintang ketika dikonfirmasi belum dapat memberikan jawaban terkait kasus ini. (rin/pat/sut)