Bupati Sintang Buka Kapuas Raya Expo 2016

Sintang

Editor sutan Dibaca : 1016

Bupati Sintang Buka Kapuas Raya Expo 2016
Bupati Sintang Jarot Winarno ketika pembukaan Kapuas Raya Expo 2016 di Stadion Baning. (SP/ Syabirin)
SINTANG, SP - Bupati Kabupaten Sintang, Jarot Winarno membuka secara resmi Kapuas Raya Expo 2016 di Stadion Baning Sintang, Selasa (1/11). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong. Pameran ini merupakan bentuk dukungan bagi pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Tantangan yang kita hadapi dalam mengembangkan UMKM cukup besar, seperti aspek permodalan, aspek produksi, aspek promosi, aspek pemasaran, aspek bahan baku dan jiwa kewirausahaan,” kata Jarot.

Meski demikian, kita harus tetap membangun optimisme dengan berupaya mencari terobosan yang bermanfaat. "Salah satu contohnya, pameran Kapuas Raya Expo 2016 ini, yang dapat menjadi ajang promosi dan pemasaran dalam mengembangkan UMKM di Kabupaten Sintang,” imbuhnya.

Jarot berharap, kemajuan UMKM akan berkorelasi positif dalam upaya mewujudkan masyarakat Sintang yang maju dan sejahtera, sebagai bagian dari visi pembangunan daerah. Penyelenggaraan pameran Kapuas Raya Expo 2016 ini meliputi lima kabupaten di wilayah Timur Kalbar, yaitu Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu.

Dengan demikian, even ini akan dapat membangun kerjasama pelaku UMKM antar daerah, seperti mengidentifikasi permasalahan secara bersama, memfasilitasi pertukaran informasi antar daerah, bahkan membangun aliansi bisnis yang saling menguntungkan.

“Kepada pihak Arjun Even Organization selaku penyelenggara pameran ini, saya berharap dapat mengelola pameran ini dengan sebaik-baiknya dan juga saya mengajak kepada para peserta pameran untuk terus membangun partnership atau kemitraan kita secara terus menerus dan berkelanjutan,” pesan Jarot.


Ketua Panitia Penyelenggara, Adriyanto mengatakan, kegiatan Kapuas Raya Expo 2016 ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, sehingga mengusung tema “Dengan Semangat Kepahlawanan, Kita Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan Dalam Menghadapi Era Globalisasi Dan Modernisasi Untuk Membangun Kabupaten Sintang Yang Lebih baik”.

Dengan demikian, lanjut Adriyanto, adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk menggali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia,  sebagai upaya pengenalan dan menambah wawasan kepada masyarakat terhadap produk-produk yang dijual, sehingga masyarakat akan mencintai produksi dalam negeri dan mengembangkan kreativitas dalam memanfaatkan even ini sebagai wadah.

Kegiatan Pameran Kapuas Raya Expo 2016 diselenggarakan  selama 12 hari mulai 1 November hingga 12 November 2016 mendatang dan diikuti 130 peserta. Kapuas Raya Expo ini, juga diikuti peserta dari  Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. (rin/ind/sut)