Pemkab Sintang Alokasikan RP4,8 Miliar untuk Perbaikan Jalan

Sintang

Editor Kiwi Dibaca : 1415

Pemkab Sintang Alokasikan RP4,8 Miliar untuk Perbaikan Jalan
ilustrasi
SINTANG, SP Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, pada 2017, Pemkab telah mengelontorkan Rp4,8 miliar pembangunan jalan. Saat ini paparnya, masih dalam tahap lelang.  

“Melalui APBD Tahun Anggaran 2017, Pemkab mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan dan perbaikan jalan di Kota Sintang. Saya berharap, proyek ini bisa segera terealisasi,” kata Bupati Jarot.   Rp4,8 miliar tersebut, kata Jarot, akan difokuskan untuk penanganan lima titik rawan dari Simpang Semubuk hingga ke Kota Sintang. Selain itu, anggaran tersebut juga untuk menyempurnakan Jalan Simbak, yaitu untuk pengaspalan.  

“Pemkab juga memperjuangkan perubahan status jalan strategis nasional, yaitu mulai Tugu BI- Desa Jasa, karena akan dibangun Pos Lintas Batas Nasional (PLBN),” paparnya.  

Kepala Bidang Jalan Kabupaten, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sintang, Hendrikus menyampaikan ada dua ruas jalan yang dulunya berstatus kabupaten, dan kini sudah ditingkatkan jadi jalan provinsi. Dua ruas jalan ini, menambah tiga jalan lainnya, yang sudah berstatus jalan provinsi.  

“Lima rua jalan tersebut dikelola oleh Pemprov. Pemkab hanya sekedar berkoordinasi apabila jalan tersebut rusak,” kata Hendrikus.   Lima ruas jalan yang berstatus jalan provinsi di Kabupaten Sintang adalah Jalan Simpang Medang-Nanga Mau, Nanga Mau-Nanga Tebidah, Nanga Tebidah-Nanga Serawai, Tugu BI-Simpang Semubuk dan Simpang Semubuk-Balai Sepuak.  

Selain itu, Hedrikus menuturkan, pada 2017 Jembatan Ketungau II yang diidam-idamkan akan segera dimulai pengerjaanya. Dengan adanya jembatan tersebut nanti maka akan lebih memudahkan mobilitas baik orang maupun barang yang selama ini menggunakan ponton dengan biaya yang cukup tinggi.  

“Tahap pertama dibangun abutment di sisi kiri dan kanan sungai. Kemudian tahun berikutnya, kita anggarkan untuk kerangka baja. Semoga pembangunan ini lancar,” pungkasnya. (nak/
mul)