Pemkab Dukung Program Layak Anak WVI

Sintang

Editor Kiwi Dibaca : 461

Pemkab Dukung Program Layak Anak WVI
Ilustrasi
SINTANG, SP - Wahana Visi Indonesia (WVI) Mengunjungi Kabupaten Sintang guna memantau sejauh mana komitmen Pemrintah Kabupaten (Pemkab) Sintang dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). Sesuai komitmen kesepakatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yosana Susana Yembise saat datang ke Pontianak beberapa waktu yang lalu.

Perwakilan WVI, Aca di hadapan Bupati Sintang mengatakan, kedatangan mereka untuk melihat secara langsung di lapangan bagaimana penerapan dari komitmen tersebut, serta apa kendala yang dihadapi oleh Pemkab Sintang dalam menjalankan komitmen itu.

“Kami ingin mengetahui hambatan apa saja dalam mewujudkan KLA. Termasuk program-program pro anak yang sedang direncanakan atau sudah berjalan selama ini,” ujarnya, Rabu (6/9). Sebagai mitra strategis pemerintah dalam menjalan misi KLA, Aca menegaskan WVI akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Kabupaten yang ada di Kalbar, termasuk kabupaten Sintang yang telah menyatakan komitmen untuk mendukung KLA.

Wujud implementasi yang telah dilakukan WVI salah satunya adalah dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat melalui koalisi-koalisi yang telah dibentuk. Tujuannya  agar masyarakat bisa turut berperan aktif serta dapat menajdi fatner pemerintah daerah untuk mewujudkan KLA

“Program pendampingan sudah banyak kita lakukan. Kami berharap sinergisitas antara WVI dan Pemkab Sintang terus terjalin,” terangnya. Sementara itu Wakil Bupati Sintang, Askiman mengaku jika selama ini Pemkab Sintang merasa sangat terbantu dengan program-program yang telah dijalankan oleh WVI tersebut. Program yang ada akan selalu didukung oleh Pemkab, sebagaimana komitmen yang telah ditandatangani dihadapan mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Program dari WFI sangat membantu kita untuk menuntaskan pengembangan anak, baik dalam pendidikan formal maupun non formal,” akunya. Tak hanya di sektor pendidikan, Askiman menilai WVI juga sangat konsisten dalam mendukung peningkatan dibidang kesehatan, seperti upaya perbaikan gizi dan sebagainya.

 Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Sintang, untuk mencerdaskan semua kehidupan dan menciptakan masyarakat yang sehat. “Memang kita harus bersinergi dengan WVI, sehingga dapat menunjang semua sisi kehidupan serta mensejahterakan masayarakat,” imbuhnya.  

 Pemkab Sintang, dikatakan Askiman tidak segan-segan untuk memfasiltasi apa saja yang diperlukan oleh WVI sebagai wujud untuk terus mendukung implementasi menuju Kabupaten Layak Anak. “Satu diantara bentuk dukungan itu, telah kita bangun pusat pengembangan anak di Kecamatan Kayan Hilir. Disana Pemkab membangun satu ruang sekolah informal untuk anak dengan usia didik antara tiga sampai sembilan tahun,” bebernya.

Disekolah itu pula, lanjut Askiman, anak-anak pada usia tersebut bebas beraktivitas. Tempatnya juga sengaja dibangun sebagai media pendidikan luar sekolah. Kegiatan WVI ini juga tidak melihat suku, agama dan sebagainya, semua mendapat perlakuan sama, termasuk perlindungan hak-hak anak.(nak/pul).

Komentar