Senin, 23 September 2019


Korem 121/ABW Sintang Lakukan Aksi Penghijauan

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 563
Korem 121/ABW Sintang Lakukan Aksi Penghijauan

TANAM POHON - Aksi Penghijauan (menanam pohon) dilakukan oleh Korem 121/ABW Dalam rangka peringatan hari juang Kartika ke-72. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi Sintang yang cukup memprihatinkan. (SP/Nana)

Peringatan Hari Juang Kartika ke-72 


Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-72, Korem 121/ABW Sintang mengelar aksi penghijauan dengan menanam pohon terembesi. Pohon-pohon itu ditanam di sepanjang jalur masuk menuju Bandara Tebelian. 

SP - Kasrem 121/ABW, Kolonel Inf Arnold AP Ritiauw mengatakan, pemilihan pohon terembesi lantaran pohon ini merupakan salah satu spesies tumbuhan yang mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah besar. 

"Dengan menanam pohon kita berharap bahwa itu bisa memperbaiki kondisi yang ada pada saat ini. Apalagi yang ditanam pohon terembesi yang merupakan pohon penghasil oksigen terbesar," ujar Arnold usai acara penanaman tersebut, Rabu (13/12).

Menurut Arnold, kondisi di Kabupaten Sintang untuk saat ini memang cukup memprihatinkan. Terlebih banyak hamparan tanah bekas galian tambang, khususnya Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Karena itu pihaknya akan melanjutkan aksi penanaman pohon ini di daerah-daerah bekas pertambangan agar bisa kembali hijau.

"Sintang ini banyak bekas tambang emas ilegal yang berpengaruh negatif untuk lingkungan. Kita usahakan untuk mengembalikan fungsinya sebagai hutan supaya bisa memberikan dampak yang positif," imbuhnya.

Lewat aksi tersebut kata Arnold, pihak Korem ingin mengajak dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga dan merawat lingkungan demi keberlangsungan hidup di masa depan. 

"Menanam pohon untuk saat ini adalah suatu kebutuhan. Kebutuhan untuk melestarikan lingkungan hidup, dengan kondisi yang sekarang ini sudah banyak perubahan," kata Arnold.

Karena itu juga dalam aksi tersebut pihak Korem mengandeng semua unsur masyarakat mulai dari Pemkab Sintang, Kepolisian, siswa sekolah dan lain-lain. 

"Kita berharap ini bisa menjadi semacam penyakit yang menular supaya semua orang di wilayah Sintang tergerak dan berpartisipasi dalam menanam pohon," lanjutnya. 

Nanti kata Arnold, kegiatan ini menjadi program unggulan yang berkelanjutan, minimal selama korem ada di Kapuas Hulu. "Kita bisa terus menyisir bekas tambang yang ada untuk ditanami pohon," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, A Darmanata menilai upaya yang dilakukan oleh pihak Korem 121/ABW sangat positif dan bermanfaat. Inisiatif untuk melaksanakan program penghijauan haruslah didukung oleh masyarakat. 

"Oleh karena itu, pada kesempatan ini tentunya seluruh elemen masyarakat harus menyambut baik, karena kegiatan ini diadakan untuk kebaikan," ujarnya.

Darmanata tidak ingin segala tenaga dan inisiatif untuk hal-hal positif seperti itu hanya habis untuk seremonial saja, melainkan harus berlanjut sampai benar-benar dirasakan manfaatnya oleh orang banyak. 

"Kami tidak mau apa yang kita lakukan sekarang hanya berhenti pada saat ini, tapi harus jalan dan berlanjut terus. Ini adalah konsekuensi kami, komitmen antara korem dan bupati ini harus kita pelihara terus," tegasnya. (nana arianto/pul)