Rabu, 13 November 2019


Polres Sintang Tangkap Cukong PETI, Barang Bukti Emas Belasan Kilo

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 781
Polres Sintang Tangkap Cukong PETI, Barang Bukti Emas Belasan Kilo

BARANG BUKTI - Barang bukti emas yang diamankan dari cukong PETI, SFZ di Sintang. (ist)

SINTANG, SP – Polres Sintang kembali mengungkap kasus Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI). Kali ini, seorang penadah (cukong) berinisial SFZ (57) yang merupakan cukong besar dan pelaku pemodal serta penampung emas ilegal tanpa izin  di Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang.

Kapolres Sintang AKBP Sudarmin menuturkan, penangkapan itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Sintang Kota, Iptu Ruslan Abdul Gani, dengan beranggotakan unit Reskrim Polres dan Polsek Sintang Kota, tepatnya pada hari Sabtu (23/12) sekitar pukul 11.30 WIB

"Penangkapan bermula dari informasi yang diterima bahwa di Toko Emas BN (inisial toko) yang berada di jalan tersebut, sedang berlangsung transaksi pembelian emas hasil dari PETI," ujarnya, Minggu (24/12).

Dari informasi tersebut, penyelidikan pun dilakukan. Sekitar pukul 13.00 WIB, tim memasuki Toko Emas BN.

“Pada saat itu, petugas mendapatkan karyawan toko emas tersebut, benisial DV bersama EA (anak pemilik toko emas) sedang bertransaksi jual beli emas hasil PETI tersebut," terang Sudarmin

Dari TK, polisi berhasil mengamankan barang bukti yang di antaranya, 21 batangan emas persegi, 47  kepingan emas bulatan dengan total berat sebanyak 15936.11 gram (15,9 Kg).

Dari kesemua barang bukti yang diamankan petugas, diakui SFZ (57th) adalah benar miliknya dan khusus 21 batang emas dan 47 bulatan kepingan emas disimpan olehnya di dalam brankas.

"Saat ini pelaku dan barang bukti sudah kita amankan untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut," kata Kapolres. (nak)