Sintang Bakal Lebih Indah dengan Taman DAS

Sintang

Editor K Balasa Dibaca : 527

Sintang Bakal Lebih Indah dengan Taman DAS
Ilustrasi RTH. (net)
SINTANG, SP – Plt Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sintang, Zulkarnaen mengatakan, pihaknya berencana membangun taman di Daerah Aliran Sungai (DAS), untuk memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Sintang.

“Kita sedang mencari lokasi DAS yang tepat untuk membangun taman ini,” katanya, belum lama ini.

Zulkarnaen mengatakan, taman DAS ini akan dibangun sepanjang 1 km. Sehingga dibutuhkan lokasi DAS yang panjangnya mencapai 1 km. Di sepanjang DAS tersebut, akan ditanam rumput yang bagus, bunga, pohon, kursi dan lampu lampu.

“Taman DAS ini akan menjadi RTH baru bagi masyarakat kota untuk mereka menghilangkan lelah,” ujarnya.

Zulkarnaen menjelaskan, konsep pembangunan taman DAS ini tidak mengubah fisiknya. Taman akan mengikuti gaya alam yang ada. Pemkab hanya menata rumputnya, tanaman bunga dan tempat duduknya.

“Saya inginnya panjangnya 1 km, sehingga orang puas jalan dari ujung ke ujung,” kata dia.

Pembangunan taman DAS tidak memerlukan dana yang besar seperti membangun water front city. Sebab ini hanya penataan DAS.

“Kita menata tanamannya saja dan membuat jalan inspeksi yang hanya bisa jalan kaki sepanjang 1 km. Kemudian ada tempat peristirahatannya, warung kopinya,” ujarnya.

Konsep pembangunan taman ini sedang dimatangkan dan sedang mencari lahan yang mana cocok, sebagai tempat wisata baru.

Terpisah, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, RTH Kota Sintang sudah mencapai 40 persen, namun memang RTH itu belum tertata dengan baik. (tra)