Selasa, 15 Oktober 2019


Dewan Dorong Pemkab Bangun Waterfront City

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 773
Dewan Dorong Pemkab Bangun Waterfront City

Ilustrasi. (Net)

SINTANG, SP - Anggota DPRD Sintang, Hamzah Sofian menilai Kota Sintang akan semakin cantik dan banyak dikunjungi wisatawan jika memiliki waterfront city. 

"Saya rasa pembangunan waterfront city di Kota Sintang menjadi suatu kebutuhan bagi pengembangan kota," katanya, kemarin.

Menurut Hamzah, tepian sungai di Kota Sintang harus segera ditata, agar kota ini terlihat layaknya kota modern yang tertata dengan baik dan pembangunan waterfront di Kota Sintang sudah menjadi suatu kebutuhan. Karena itu, pemkab dimintanya untuk bekerja sama dengan pemprov atau mencari dana di pusat, bagi pembangunan waterfront city.

Hamzah menyatakan, pihaknya akan sangat mendukung upaya Pemkab Sintang mempercantik Kota Sintang dengan waterfront city. Keberadaan waterfront city menurut Hamzah, dapat memberikan dampak bagi kemajuan daerah. Terutama dampak ekonomi dari sektor pariwisatanya.

Pendapat yang sama juga disampaikan anggota DPRD Sintang, Abdul Razak. Menurut dia, sektor pariwisata akan berkembang dengan adanya waterfront. Dengan berkembangnya sektor pariwisata, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kota ini. Salah satunya, dengan ada waterfront city, para usaha kecil menengah dapat membuka usahanya di waterfront tersebut.

"Jadi geliat ekonomi akan tumbuh di kawasan tepian sungai," jelasnya.

Menurut Razak, pembangunan waterfront city memang tidak bisa dilakukan menggunakan dana APBD Sintang. Sebab, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan waterfront sangatlah besar.

Saran Razak, Pemkab Sintang dapat meminta bantuan pemerintah pusat atau bekerja sama dengan pihak swasta untuk pembangunannya.

"CSR perusahaan bisa digunakan untuk pembangunan waterfront. Karena ini adalah fasilitas publik," saran dia. 

Namun diingatkannya, perencanaan pembangunan waterfront city harus matang, dan menyesuaikan lahan yang ada. Termasuk kondisi lahan di tepian sungai. Jadi, lanjutnya, grand design awal sangat menentukan. (tra/jee)