Selasa, 24 September 2019


Usai Disambar Petir, Rumah Dinas Bupati Sintang Terbakar

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 553
Usai Disambar Petir, Rumah Dinas Bupati Sintang Terbakar

Api menghanguskan Rumah Dinas Bupati Sintang, Kamis (26/7) dini hari. (Ist)

SINTANG, SP - Rumah Dinas Jabatan Bupati Sintang di Jalan Pangeran Muda, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, ludes terbakar, Kamis (26/7) sekitar pukul 00:45 WIB. Kebakaran terjadi saat hujan lebat disertai petir.

Dari informasi, sebelum kebakaran terjadi, petir sempat menggelegar sebanyak tiga kali dan menyambar gardu yang berada di samping Pendopo Bupati Sintang sehingga menyebabkan listrik PLN padam.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh petugas piket Satpol-PP Sintang di pos jaga. Pada saat kejadian, petugas melihat sumber api berasal dari dek di bangunan utama pendopo.

Kuat dugaan api muncul diakibatkan karena dipicu sambaran petir yang menyambar meteran listrik, sehingga mengeluarkan percikan api. 

Kabag Humas Pemkab Sintang, Kurniawan mengatakan, meski tim pemadam kebakaran langsung datang ke lokasi dan cuaca sedang hujan, namun karena angin yang kencang dan sebagian besar material bangunan berbahan kayu, membuat api cepat membesar dan menghaguskan seluruh bangunan.

Kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.30 WIB. Tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara kerugian materil belum dapat ditaksir.

Dikatakan Kurniawan, saat kebakaran terjadi Bupati Sintang Jarot Winarno sedang tidak berada di Sintang.

Peristiwa kebakaran Pendopo Bupati Sintang ini telah dilaporkan pada bupati yang saat ini sedang tugas di Jakarta.

Dalam peristiwa itu, semua dokumen milik Bupati Sintang Jarot Winarno yang tersimpan dalam brankas berhasil diselamatkan. (ind/ant)