Rabu, 18 September 2019


Jarot Lepas Lomba Gerak Jalan Tingkat Pelajar, Diikuti 918 Peserta dari Berbagai Sekolah Dasar di Sintang

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 196
Jarot Lepas Lomba Gerak Jalan Tingkat Pelajar, Diikuti 918 Peserta dari Berbagai Sekolah Dasar di Sintang

LEPAS PERLOMBAAN – Bupati Sintang, Jarot Winarno melepas peserta lomba gerak jalan ketepatan waktu yang diikuti peserta dari kalangan SD. Lomba ini digelar dalam memeriahkan HUT RI ke-73 tahun 2018. (Ist)

Bupati Sintang, Jarot Winarno
"Semangat ini masih harus ditambah dengan gotong royong dan kerja sama. Tiga elemen dasar ini penting sejak dini kita ajarkan pada mereka"

SINTANG, SP – Bupati Sintang, Jarot Winarno melepas lomba gerak jalan ketepatan waktu empat kilometer putri dan lima kilometer putra tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat di depan Pendopo Bupati Sintang, kemarin pagi.

Perlombaan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 yang digelar Pemkab Sintang.

Jarot mengatakan, melalui lomba gerak jalan ini diharapkan para peserta dapat memahami semangat Mens Sana In Corpore Sano yang artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

“Semangat ini masih harus ditambah dengan gotong royong dan kerja sama. Tiga elemen dasar ini penting sejak dini kita ajarkan pada mereka,” kata Jarot.

Jarot menilai, melalui lomba gerak jalan akan melatih kekompakan, kedisiplinan, dan kerja sama sejak dini bagi anak. Mengingat mereka masih dalam bimbingan orangtua dan guru, sehingga hal-hal kecil harus diajarkan sejak dini agar mereka mendapatkan manfaatnya dikemudian hari.

“Hal kecil jika ditanamkan sejak dini ke anak, mereka akan memetik manfaatnya di kemudian hari, seperti mengajarkan tidak buang sampah sembarangan, jaga kebersihan lingkungan sekolah, gotong royong dan kerja sama” jelas Jarot.

Koordinator perlombaan, Pinarnto mengatakan, perlombaan diikuti 27 regu putra dan 27 regu putri dengan jumlah peserta 918 orang.

“Regu putra akan menempuh jarak lima kilometer dan regu putri menempuh jarak empat kilometer, dengan kategori penilaian yang diutamakan ketepatan waktu. Jika berhasil nilainya 300, ini berdasarkan penilaian tingkat nasional,” kata Pinarto. 

Untuk peserta lomba, tahun ini bertambah 30 persen dari tahun sebelumnya. Para peserta seluruhnya berasal dari wilayah Kota Sintang. 

“Lomba ini hanya sampai tingkat kabupaten saja, tidak ada kelanjutannya, ini untuk memeriahkan HUT RI,” pungkas Pinarto. (end/jee)

Gelar Berbagai Perlombaan

Menyambut peringatan HUT RI ke-73, pengurus Desa Baning Kota mengelar berbagai lomba yang telah mulai dilaksanakan sejak Sabtu (11/8).

"Kegiatan ini untuk memeriahkan peringatan HUT RI dengan harapan seluruh masyarakat Baning Kota bisa merasakan kegembiraan di perayaan kemerdekaan negara kita ini," ungkap Dedy Kayong, Kepala Desa Baning Kota, Minggu (12/8).

Beberapa lomba yang dilaksanakan dikatakan Dedy antara lain, lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng, lomba balap karung anak-anak dan dewasa, lomba memasukan paku ke dalam botol. Sedangkan untuk dewasa dilaksanakan  lomba gaple, remi box, catur, pimpong, tenis meja, tarik tambang,bola dangdut dan panjat pinang.

"Kalau lomba panjat pinang ada untuk anak-anak dan dewasa. Lomba ini akan dilaksanakan 17 Agustus, " tutur Dedy. (end/jee)