Rabu, 13 November 2019


Jarot Resmikan Gedung Kesenian Desa Nobal

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 167
Jarot Resmikan Gedung Kesenian Desa Nobal

PERESMIAN – Bupati Sintang, Jarot Winarno memotong pita sebagai tanda diresmikannya Gedung Kesenian Batu Linoh Desa Nobal di Kecamatan Sungai Tebelian. (Ist)

SINTANG, SP – Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan keberadaan gedung kesenian merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk pengembangan kesenian dan adat budaya.

“Budaya lokal, budaya Dayak atau budaya lain harus dilestarikan, untuk itu diperlukan adanya sarana seperti gedung kesenian,” kata Jarot saat meresmikan Gedung Kesenian Batu Linoh Desa Nobal, Kecamatan Sungai Tebelian, kemarin.

Jarot meyakinkan, Pemkab Sintang akan sangat mendukung keberadaan gedung kesenian di Desa Nobal untuk pengembangan kesenian. 

“Keberadaan gedung ini harus di manfaatkan untuk menggali kesenian dan adat budaya sehingga kalau ada even budaya seperti Gawai Dayak, Desa Nobal bisa ikut rangkaian yang diperlombakan,” harap Jarot.

Selain itu menurut Jarot, keberdaan gedung kesenian juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan lain, seperti acara pertemuan tingkat desa atau pertemuan lainnya.

“Sehingga wujud persaudaraan dan silatrurrahmi masyarakat di Desa Nobal ini tetap terjaga antar suku dan agama,” jelasnya.

Sementara itu mantan Kades Nobal M Kiat mengatakan, Gedung Kesenian Batu Linoh Desa Nobal dibangun pada masa kepemimpinannya di tahun anggaran APBDes 2017 dengan total biaya sekitar Rp350 juta.

Menurut dia, tujuan dibangunnya gedung kesenian ini untuk tempat menggali potensi kesenian dan adat istiadat di Desa Nobal.

“Di gedung ini masyarakat bisa belajar kesenian dan budaya sehingga nanti kalau ada acara budaya di kabupaten kami siap ikut,” jelas Kiat.

Meskipun tidak lagi menjabat sebagai kepala desa, Kiat berharap masyarakat desa bisa memanfaatkan bangunan gedung dengan baik. (end/jee)