Senin, 23 September 2019


Polres Sintang Tetapkan 9 Tersangka Karhutla, Satu Pelaku Meninggal Dunia

Editor:

Jindan

    |     Pembaca: 222
Polres Sintang Tetapkan 9 Tersangka Karhutla, Satu Pelaku Meninggal Dunia

Ilustrasi Karhutla

SINTANG, SP – Sebanyak 9 orang pelaku kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Sintang di lima Tempat Kejadian Perkara (TKP). 

Dari 9 tersangka itu, satu di antaranya meninggal dunia.

Dikatakan Polres Sintang, AKBP Sudarmin, bahwa tersangka yang meninggal dunia terjadi di Ketungau Tengah. Kejadiannya berawal dari tersangka membakar kebun miliknya, lalu menjalar ke kebun karet pelapor.

“Pelaku yang membakar ini meninggal di TKP saat ingin memadamkan api,” ujarnya, Senbin (3/9).

Dijelaskannya, dari keterangan saksi dan pihak keluarga, bahwa pada sore hari korban melakukan pembakaran, kemudian kembali ke rumah. Karena api meluas kemana-mana, yang bersangkutan sekira pukul 07.00 kembali ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

“Namun hingga pukul 12.00 malam tidak juga pulang ke rumah. Jadi pihak keluarga melakukan pencarian. Pada pagi hari korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia hangus terbakar dilokasi pembakaran,” terangnya.

Sementara di TKP kedua yakni di Desa Bonet, dengan jumlah tersangka ada lima orang, terdiri dari empat orang yang melakukan pembakaran lahan dan satu orang yang menyuruh yakni pemilik lahan.

“Yang bersangkutan sekarang sudah dilakukan penahanan,” jelasnya.
TKP berikutnya kata Kapolres, ada di Desa Sepauk. Di sana tersangka ada satu orang membakara kebun pribadinya hingga menjalar ke kebun perusahaan.

“Keempat di Dedai, satu orang tersangka yang membuka lahan dengan cara membakar di areal PTPN, hingga membakar beberapa pohon karet milik PTPN,” terangnya.
 
Untuk TKP kelima di Desa Taman Raya, dikatakan Kapolres, tersangka juga sudah diproses penyidikan dan dilakukan penahan. Ia berharap secepatnya semua berkas kasus ini dapat dikirim. (pul)