Pemkab Sintang Harus Motivasi Warga untuk Jeli Lihat Peluang Bisnis

Sintang

Editor Jindan Dibaca : 302

Pemkab Sintang Harus Motivasi Warga untuk Jeli Lihat Peluang Bisnis
Ilustrasi
SINTANG, SP - Anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih mengatakan, komoditi pasar seperti telur, ayam, sapi dan lain-lain merupakan kebutuhan utama masyarakat.

Diakuinya memang, sehari-hari untuk kebutuhan Sintang masih banyak yg didatangkan dari luar, bahkan beberapa jenis sayur mayur juga ada.

"Peluang ini sebenarnya harus dilirik oleh masyarakat sebagai peluang usaha keluarga, untuk menambah income ekonomi masyarakat," ujarnya, Minggu (9/9).

Tapi entah kenapa, dikatakannya banyak yang belum tertarik. Dari itu peran Pemkab melalui dinas terkait, menurutnya agar bisa memotivasi masyarakat untuk mengambil peluang itu dan sebagai pelaku bisnis.

"Pilihlah bidang yang pas, misalnya menjadi peternak ayam petelur maupun peternak ayam pedaging," jelasnya.

Menurutnya, ambil skala rumah tangga dulu, sambil belajar. Pemerintah juga harus hadir dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan. 

"Tenaga penyuluhkan sudah ada, bahkan cukup banyak di Sintang ini, manfaatkan itu," katanya.

Ia juga berharap, masyarakat ulet dan aktif, dan tentunya pemerintah juga harus terus mendorong tumbuhnya industri-industri kecil (home industry).

"Bila ini berjalan dengan baik, tentu ke depannya Kabupaten Sintang tidak perlu impor lagi dari daerah lain untuk kebutuhan komoditi pasar," pungkasnya. (pul).