Uskup Sintang Berkati Gereja Santa Perawan Maria

Sintang

Editor Angga Haksoro Dibaca : 270

Uskup Sintang Berkati Gereja Santa Perawan Maria
Sintang, SP - Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menghadiri peresmian dan pemberkatan Gereja Santa Perawan Maria, Keuskupan Sintang, Senin (22/10).  

Peresmian ditandai dengan pemberkatan Gedung Gereja Santa Perawan Maria  oleh Uskup Sintang Mgr Samuel Oton Sidin.  
Uskup Sintang Mgr Samuel Oton Sidin menyampaikan bahwa gereja ibarat rumah keluarga. Gereja memiliki dua makna yakni sebagai bangunan dan sebagai himpunan orang.   

“Kita semua adalah bagian dari bangunan itu. Gereja merupakan tempat kita bertemu satu dengan yang lain serta tempat mengungkapkan pengabdian kepada Allah dan kemudian mengalir bagi sesama,” kata Mgr Samuel Oton Sidin.  

Lasarus, anggota DPR RI menyampaikan selamat kepada umat Stasi Betung atas diresmikannya gereja ini. “Saya sudah dua kali ke sini saat gereja ini belum selesai. Saya bangga gereja ini bisa selesai disaat harga karet turun drastis. Gereja ini megah, harus diikuti iman yang megah dan tangguh,” ujar Lasarus.  

Yosepha Hasnah, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang menyampaikan rasa bersyukur atas peresmian gereja yang megah meskipun harus dibangun selama 5 tahun. “Pemerintahan desa silakan ikut membantu pembangunan rumah ibadah asalkan dilakukan melalui musyawarah desa,” kata Yosepha Hasnah.   

Petrus Bobi Ketua Panitia Pembangunan Gereja Stasi Betung menjelaskan bahwa pembangunan gereja dimulai November 2013. “Sumbangan mengalir dari umat yang tidak mampu sampai yang berkecukupan. Kami ingin terus melengkapi gereja ini dengan lonceng dan pagar. Yang lebih penting juga membangun iman dan mental umat yang kuat,” kata Petrus Bobi.  

Sunardi Kepala Desa Baya Betung menyampaikan masyarakat di sini memeluk agama Katolik sejak 1967. Pembangunan gereja lamban karena ditanggung swadaya masyarakat yang bergantung dari harga jual karet.  

Pembangunan gereja pernah direncanakan pada tahun 2004 namun gagal.  “Tahun 2013  baru rencana tersebut bisa kami mulai. Kami sebenarnya mau bangun sarana ibadah dengan alokasi dana desa, tapi kami takut aturan tidak membolehkan,” ujar Sunardi.  

Pastor Paroki Nobal Romo Vince, Pr menyampaikan terima kasih karena Pemkab Sintang sudah turut membantu pembangunan gereja ini. “Saya paham umat di Betung ini sangat kuat dalam membangun gereja ini. Gereja ini besar dan menghabiskan dana besar. Saya bangga dengan umat di sini yang bersatu membangun gereja ini.”