Pemkab Persiapkan Festival Kelam Jilid II

Sintang

Editor elgiants Dibaca : 91

Pemkab Persiapkan Festival Kelam Jilid II
BUKIT KELAM-Pesona Bukit Kelam terlihat dari Kota Sintang. Tahun ini Pemkab Sintang akan kembali mengelar Kelam Tourism Festival 2019.
Setelah berhasil mengelar Festival Kelam Hill pertama di tahun 2018 lalu, pemerintah Kabupaten Sintang mewacanakan menggelar kegiatan serupa pada tahun 2019 ini. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, gelaran yang bertajuk Kelam Tourism Festival 2019 akan menampilkan rock climbing atau wisata olah raga panjat tebing Bukit Kelam.

Wakil Bupati Sintang, Askiman, diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dr. Hendrika Ika memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Kelam Tourism Festival tahun 2019 yang berlangsung di Balai Pegodai Komplek rumah dinas Wakil Bupati Sintang, Selasa (9/4).

 “kita masih dalam rangkaian upaya mempromosikan dan menggali potensi pariwisata Bukit Kelam, tahun ini kita menampilkan nuansa yang tidak jauh berbeda dari kegitan sebelumnya tahun lalu, yakni memadukan budaya, wisata olahraga dan pesona alam bukit kelam ini,” papar Hendrika pada kesempatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan upaya Pemda Sintang untuk dapat masuk dalam 100 calendar event Nasional. Pada pelaksanaannya, kegiatan ini akan terjalin dalam satu rangkaian dengan Pekan Gawai Dayak Sintang. Sebagian besar kegiatan akan dilaksanakan diseputaran Bukit Kelam.

 “Festival kali ini, kegiatan utamanya adalah rock climbing atau wisata olah raga panjat tebing Bukit Kelam. Selain itu kita juga akan ada gowes dari Sintang ke Kelam, grasstrack dan performance seni dan budaya,” tambahnya.

 Hendrika menyebutkan bahwa kegiatan ini menargetkan 500 wisatawan mancanegara dan ribuan wisatawan dalam negeri.

Dalam rapat kali ini juga dibahas mengenai beberapa kendala yang potensial dihadapi pada kegiatan ini. Menurut Hendrika akan diperlukan perbaikan jalan lingkar Kelam, perbaikan panggung hiburan, dan promosi serta kerjasama dengan pihak lain agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai. 
 
 Salah seorang peserta rapat, Akli dari komunitas Generasi Pesona Indonesia (GENPI) Sintang menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih karena komunitasnya dilibatkan dalam kegiatan besar ini.

“Kami berpartisipasi pada Festival Kelam ini pada bidang promosi melalui jaringan Genpi nasional. Kami juga dilibatkan dalam kepanitiaan acara,” ungkapnya (hms/nak)