Kawal Pemilu Hingga Pelosok Sintang

Sintang

Editor elgiants Dibaca : 113

Kawal Pemilu Hingga Pelosok Sintang
KAWAL PEMILU-Kapolsek Serawai, Ipda Rahmad Kartono saat bersama anggotanya dengan menggunakan speed boat usai Gelar Apel Pergeseran Pasukan. Ist
SINTANG, SP-Tinggal dua hari lagi rakyat Indonesia menggelar pesta demokrasi. Tak terkecuali masyarakat Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang yang juga merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terkait persiapan pengaman pemilihan umum (Pemilu), Kapolsek Serawai Polres Sintang, Ipda Rahmad Kartono, menggelar apel pergeseran pasukan dihalaman Mapolsek Serawai. Senin (15/4)

Dalam amanatnya, Kapolsek Serawai  menyampaikan beberapa hal kepada semua peserta apel terkait pengamanan pemilu legislatif (Pileg) dan pemilu presiden (Pilpres) yang akan dilaksanakan pada Rabu, 17 April 2019 nanti. 

“kita harus tulus dan semangat mengamankan penyelenggaraan Pemilu dan jangan sungkan untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Kapolsek Serawai pada kesempatan tersebut.

Kapolsek menegaskan bahwa Polri selaku pengemban amanah dan fungsi  Harkamtibmas khususnya selama masa Pemilu berlangsung harus dapat mengamankan sekaligus menciptakan serta mensukseskan penyelenggaraan Pemilu ini. 

Untuk itu, dirinya meminta agar Personil Polri yang telah diamanahi mengemban fungsi keamanan agar melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh serta dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak lain seperti TNI, Panwas dan PPK/PPS serta Linmas. 

“Laksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas untuk kelancaran dan keamanan pesta demokrasi di Indonesia, khususnya kita di Serawai ini,” pesan Rahmad kepada peserta apel.

Lebih lanjut, perwira pertama dengan satu balok di pundaknya ini menyebut, kegiatan Pemilu sebagai pesta demokrasi dan pesta rakyat. TNI, Polri, dan Linmas mendapat amanah untuk memberikan rasa aman kepada rakyat selama mengikuti pesta demokrasi tersebut.

Sekali lagi, dirinya meminta agar semua personil melaksanakan apa yang menjadi amanah yang telah diamanahkan negara dan rakyat secara ikhlas dan adil.

“Jadi kalau rekan-rekan ada lihat yang tidak beres, langsung kita luruskan. Jangan sampai kita membiarkan terjadi kezaliman, karena kita akan ikut menanggung dosanya. Kita di sini bersama-sama dengan penyelenggara, yaitu PPK/PPS, Bawaslu, serta pemerintahan,” tegasnya.

Kapolsek pada kesempatan tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa yang telah mengerahkan Linmas untuk membantu dalam pengamanan pemilu, karena tanpa bantuan Linmas sudah tentu anggota mereka dilapangan sulit untuk menuju lokasi pengamanan TPS.

Ia berharap agar pesta demokrasi atau pemilu ini bisa berjalan aman, damai dan sejuk karena Pemilu hanya dilaksanakan lima tahun sekali. Dirinya meminta untuk semua benar-benar bisa melaksanakan tugas secara ikhlas. 

“Jangan harus diawasi atau diperintah dulu. Jadi apa yang merupakan tugasnya masing-masing laksanakan dan kerjakan bersama-sama. Ini adalah tanggung jawab kita semua sebagai aparat pengemban fungsi keamanan,” pungkasnya.

Tak lupa Kapolsek Serawai mengingatkan kepada anggotanya bahwa pada tanggal 17 April 2019 nanti jam 07.00 wib s.d 13.00 wib, adalah batas waktu pendaftaran di TPS dan anggota di minta menghimbau semua warga di TPS nya untuk menggunakan hak pilih masing-masing. (nanak)

Distribusi Logistik Kayan Hulu Mendapat Pengawalan Penuh

Personel Polsek Kayan Hulu juga bergerak cepat dalam upaya  melaksanakan pengamanan Logistik Pemilu  Legislatif dan Presiden Tahun 2019 yang disimpan PPK Kayan Hulu di Gedung Serbaguna, Desa Nanga Tebidah, Kecamatan Kayan Hulu, Minggu (14/4) pagi.

Kapolsek Kayan Hulu, Iptu Sujiono menjelaskan bahwa kegiatan pengamanan ini merupakan rangkaian kegiatan Operasi Mantap Brata (OMB) yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pihak kepolisian di seluruh Indonesia.

"Pengamanan logistik pemilu ini kami pusatkan di sini, karena gedung ini merupakan titik sentral dari logistik pemilu. Kami bersama koramil 1205/ 12 Kayan Hulu melaksanakan penjagaan selama satu kali dua puluh empat jam secara terus-menerus," jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolsek menambahkan bahwa untuk pergeseran logistik pemilu kemungkinan akan dilaksanakan mulai hari Minggu 14 April 2019 untuk TPS yang terjauh. Adapun TPS terjauh di Kecamatan Kayan Hulu kata Kapolsek yaitu TPS Desa Tanjung Miru.

"Untuk sampai ke TPS ini memerlukan waktu tempuh kurang lebih dua hari satu malam karena jalur transportasi yang hanya bisa dilalui melalui jalur air dengan kondisi air sungai surut dan banyak riam," jelasnya.

"Selain itu TPS Desa Riam Panjang, Kerapuk Jaya, Nanga Laar, Nanga Abai, Tapang Manua, Nanga Masau, Riam Panjang Buluh Merindu, dan Nanga Toran juga hari ini sudah mulai bergeser ke masing-masing PPS," tambah Kapolsek. (nanak).