Selasa, 17 September 2019


Jarot Safari ke Desa Mait Hilir

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 80
Jarot Safari ke Desa Mait Hilir

SAFARI- Bupati Sintang, Jarot Winarno menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Baiturrakmah saat melakukan safari ramadan di Desa Mait Hilir Kecamatan Sepauk, Selasa (14/5). Ist

SINTANG, SP- Bupati Sintang, Jarot Winarno bersama Forkonfimda Kabupaten Sintang dan Instansi Vertikal melakukan kunjungan Safari Ramadhan di Masjid Baiturrakmah SKPC-SP 2 Desa Mait Hilir, Kecamatan Sepauk, Selasa (14/5).

Jarot mengatakan bahwa ini adalah untuk pertama kali dirinya hadir di Masjud Baiturrakhmah sepanjang Ramadan 1440. “Seperti biasanya dalam bulan yang penuh berkah kegiatan safari ramadhan setiap tahun kita laksanakan yang di koordinir dan di pimpin oleh perangkat daerah kabupaten sintang,” terang Jarot.

Menurutnya dengan kegiatan safari ramadan ini menjadi modal bagi masyarakat untuk mengukuhkan semangat dan mengambil hikmah ramadan yang semangkin bisa diresapi dalam siatausi saling bersilaturahmi.

“Kita bisa bersilahturahmi di berbagai tempat baik surau maupun masjid dan ini juga merupakan kekuatan kita dalam bersilaturahim antara masyarakat dan pemerintah di kabupaten Sintang,” ucapnya.

Dengan bersilaturahmi seperi ini lanjut Jarot maka bisa sekaligus melihat perkembangan yang ada disuatu wilayah atau desa sehingga segala kelebihan dan kekurangan yang ada bisa terpantau hingga bisa dipikirkan bantuan apa yang tepat diberikan untuk wilayah tersebut.

“Apa yang kita peroleh dari hikmahnya ramadhon adalah hikmah jasmaniah dari bulan, karena kita dapat mengurangai segala aktifitas yang berlebihan yang biasa kita lakukan sehari–hari, juga nikmat istimaiyah silaturahim. Kalau tidak di bulan ramadan ini belum tentu kita bisa berkunjung dan bersilaturahmi dengan warga Desa Mait Hilir ini,” ucapnya.

“Semogga dalam bulan penuh ampunan ini kita semangkin rukun, semakin damai dan aman sesama umat beragama lainnya,” lanjut Jarot lagi.

Yang tidak kalah penting lagi pada bulan Ramadan menurut Jarot adalah dimana pada bulan ramadhan seperti ini semakin giat dan semangat melakukan ibadah shalat dan membaca Al-Qur’an.  

“Ini lah yang namanya hikmah rukhiah menjadikan batin kita lebih tenang,” imbuhnya.

Dalam kunjungan safari Ramadan kata Jarot, tidak lupa juga Pemkab selalu memberikan bantuan kepada panitia masjid dan juga  warga, baik berupa uang tunai dan juga berbagai macam barang. 

“Harapan kita bantuan tersebut dapat di pergunakan untuk membangun masjid yang masih ada kekurangan,” tutupnya.

Kegiatan safari ini juga diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustad Slamet Turmuzi yang dalam penyampaiannya meminta agar umat muslim bisa semakin mempererat ukhuwah islamiah.

“Sehingga kita mampu menjaga kerukunan dan ketertiban di lingkungan kita agar tidak ada gesekan dan gejolak yang memicu kekacauan yang mana kita ketahui kita baru saja melaksanakan pesta demokrasi,” ujar Ustad Slamet.

Lebih lanjut Ustad Slamet mengatakan bahwa seorang muslim yang baik ialah muslim yang mampu mengenal dan mengamalkan sifat–sifat Rasullullah, Nabi besar Muhammad SAW,  yaitu sifat yang aklakul karimah (memiliki akhlak yang mulia).

“Orang yang mempunyai akhlak mulia sudah pasti mengutamakan kebaikan dan kebahagian orang lain dan tidak mau menyakiti orang lain apa lagi sampai menciptakan keributan dan kerusuhan, karena itu tidak sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam,” katanya. (nak/hms)

Askiman: Kita Selalu Menjaga Toleransi di Kabupaten Sintang

Gelaran safarai ramadan dan buka puasa bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama juga berlangsung di Balai Pagodai rumah jabatan Wakil bupati Sintang, Askiman, Selasa (14/5).

Askiman dalam sambutannya mengatakan,  bahwa selama tiga tahun ini menjabat sebagai pemimpin di Pemerintahan Kabupaten Sintang bersama  Bupati Sintang, Jarot Winarno maka yang senantiasa selalu dijaga adalah hubungan antar suku dan agama serta toleransi sesama umat beragama.

“Itu yang selalu senantiasa kita jaga dengan memberikan rasa perdamaian dan suka cita guna membangun  perekonomian di masyarakat,” kata Askiman

Melalui kegiatan buka puasa bersama yang menghadirkan ustad Soleh sebagai penceramah tersebut, Askiman menilai bahwa pesan-pesan yang disampaikan memiliki tujuan menuntun ajaran kebaikan . “Menuntun hidup kita  dengan penuh rasa kerukunan dan saling menghormati diantara umat beragama,” jelas Askiman.

Selain itu pada kesmepatan tersebut, Askiman juga menyinggung soal gelaran Pilpres dan Pileg yang baru saja usai. Ia menilai proses Pemilu telah berhasil dilaksanakan dengan aman, lancar dan damai. Askiman menyarankan agar siapapun yang nantinya terpilih maka masyarakat harus berlapang dada karena itumerupakan pilihan rakyat.

”pada proses penetapan pemenang baik Pilpres maupun perangkat lembaga legeslatif nanti, kita harus waspada terhadap paham-paham radikal, paham-paham  inkonstitusional  serta paham perbedaan seperti isu-isu yang berkembang saat ini,  mari kita perkokoh kebersamaan antar umat beragama  di daerah kita, agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang tidak benar yang dapat memecah belah persatuan,” pinta Askiman. (nak/hms)