Cara Wabup Askiman Jaga Toleransi Umat Beragama di Bumi Senentang

Sintang

Editor elgiants Dibaca : 96

Cara Wabup Askiman Jaga Toleransi Umat Beragama di Bumi Senentang
Wabup Sintang, Drs Askiman MM, menyampaikan sambutannya pada Safari Ramadan dan Buka Bersama di Masjid Hubbul Wathan, Desa Belinyuk Sibau, Kecamatan Dedai, Rabu (15/5/2019)
Wakil Bupati Sintang, Drs Askiman, MM, punya cara terbaik merawat persatuan dan kesatuan umat di Bumi Senentang. Melalui berbagai kegiatan keagamaan, Askiman turut menjaga toleransi umat beragama.  

Salah satu yang selalu dilaksanakan adalah ritual keagamaan. Misalnya dalam bulan Suci Ramadan 1440 H/2019 Masehi. Askiman mengajak Umat Islam di Sintang, buka bersama di kediaman Rumah Jabatan Wabup Sintang, Balai Pegodai. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (14/5/2019). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Tokoh Masyarakat Sintang, Tokoh Agama, dan ratusan masyarakat lainnya. Mereka berbaur dan bersilaturahmi, dengan bersama-sama memaknai kesucian Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah/2019 Masehi.

Dalam sambutannya, Wabup Askiman mengatakan bahwa sudah tiga tahun dirinya menjabat sebagai pemimpin di Pemkab Sintang, bersama Bupati Sintang Jarot Winarno, akan senantiasa memberikan yang terbaik bagi masyarakat. 

"Kita senantiasa selalu menjaga hubungan antar suku dan agama, serta toleransi sesama umat beragama dengan memberikan rasa perdamaian dan suka cita guna membangun perekonomian di masyarakat," jelasnya.

Pada Bukber Puasa Ramadan 2019 di kediaman Wabup Askiman, hadir sebagai penceramah, Ustad Soleh. Ia memberikan ceramah dan pencerahannya kepada semua peserta Bukber. Menurut Wabup Askiman, tujuan menuntun ajaran kebaikan, hidup akan penuh rasa kerukunan dan saling menghormati di antara umat beragama.

"Kita adalah sama. Kita bersaudara. Untuk itu, mari kita perkuat kebersamaan tersebut. Kita jaga toleransi, demi perjuangan persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

Bukber yang diselenggarakan Wabup Askiman juga merupakan agenda Safari Ramadan, yang dilaksanakan setiap tahunnya, di Balai Pegodai Rumah Jabatan Wakil Bupati Sintang. Selain di Rumah Jabatan, Wabup Askiman juga menyelenggarakan Safari Ramadan di Masjid Hubbul Wathan, Desa Belinyuk Sibau, Kecamatan Dedai, Rabu (15/5/2019).

Pada kegiatan tersebut, Pemkab Sintang, melalui Wabup Askiman, memberikan bantuan berupa uang tunai kepada pengurus masjid. 

Dalam sambutannya, Wabup Askiman menyampaikan, bahwa Safari Ramadan dengan buka bersama, merupakan wujud perhatian Pemkab kepada umat.
 
“Kita laksanakan setiap tahunnya, sebagai wujud kepedulian Pemkab terhadap semua unsur agama yang ada di Kabupaten Sintang, salah satunya kepada umat Islam," jelasnya.

Adapun Safari Ramadan ini memiliki dua tujuan, yaitu untuk mempererat tali silaturahmi dan momentum memperbaiki diri. Safari Ramadan juga bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan toleransi di antara umat beragama.
 
"Dengan ibadah puasa ini umat Islam bersama-sama mengkoreksi semua perilaku yang telah diperbuat, sehingga pada akhir dari bulan suci Ramadhan nanti akan Umat Islam meraih hari kemenangan yaitu Idul Fitri, yang dapat mensucikan diri, membersihkan diri," papar Wabup Askiman.

Wabup Askiman sangat bahagia dapat hadir di Desa Belinyuk Sibau, Kecamatan Dedai. menurutnya, Desa Belinyuk Sibau ini, perbedaan suku, adat, dan agama, tidak membatasi untuk meyakini suatu agama yang sudah lama sejak turun temurun ada disini. 

"Saya tahu, hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang tidak lepas satu sama lainnya walaupun kita berbeda agama, tetapi tetap utuh dalam keluarga," kataya. (mul)