Dewan Minta Pemkab Tingkatkan Sumber Pendapatan

Sintang

Editor elgiants Dibaca : 77

Dewan Minta Pemkab Tingkatkan Sumber Pendapatan
SERAHKAN - Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward Saat Menyerahkan LKPJ Tahun 2018 Kepada Wakil Bupati Sintang, Askiman saat rapat paripurna istimewa yang digelar di ruang sidang Gedung DPRD Sintang, Jumat (17/5) yang lalu. Ist
SINTANG, SP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang meminta agar pemerintah Kabupaten Sintang bisa mengenjot sumber pemasukan. Hal itu disampaikan oleh juru bicara Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Sintang Tahun anggaran 2018, Markus Jembari dalam catatan resmi rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban saat Rapat Paripurna Istimewa yang digelar Jumat (17/5) lalu.

Rekomendasi secara resmi disampaikan lewat rapat paripurna istimewa yang digelar di ruang sidang Gedung DPRD Sintang. Paripurna itu juga di pimping ketua DPRD Sintang Jeffray Edward dihadiri Wakil bupati Sintang Askiman, Sekda Sintang Yosepha Hasnah para asisten dan staff ahli serta beberapa anggota DPRD Sintang lainnya.

Markus Jembari mengatakan dari monitoring yang dilakukan DPRD Sintang terhadap LKPj Bupati Sintang bbeberapa waktu lalu, sejumlah pencapaian positif patut mendapatkan apresiasi dari semua pihak.

Namun sebaliknya kata Markus, atas pencapaian yang kurang memuaskan tentu mejadi perhatian dan catatan pihak DPRD sebagai bahan masukan dalam rangka perbaikan dan peningkatan kualitas layanan dan pembangunan daerah oleh Pemda Sintang kedepannya.

“Oleh karena itu perlu disampaikan beberapa catatan strategis sebagai rekomendasi DPRD Sintang atas LKPj Bupati Sintang,” ujar Markus Jembari.

Selain itu hal lain yang tak kalah dalam poin rekomendasi para anggota dewan supaya kedepannya pemerintah Kabupaten Sintang untuk terus meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Kita minta supaya Pemkab Sintang kedepannya supaya lebih giat lagi meningkatakan sumber pendapatan daerah sebab masih banyak potensi yang bisa di garap,” katanya.

Selain itu pihak DPRD Sintang juga menyebut bahwa masih ada beberapa SKPD yang capaian serapan anggarannya berada di bawah 80 persen. Hal ini menurut Markus perlu perbaikan di tahun anggaran 2019.

“Kami mengapresiasi setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang daya serap anggarannya sudah di atas 80 persen. Tetapi kami juga temukan ada SKPD yang justeru masih di bawah 80 persen. Tahun ini harus ada peningkatan,” serunya.

Selain itu pula DPRD Sintang juga memberikan rekomendasi agar Pemerintah Kabupaten Sintang lebih memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik, peningkatan fasilitas ruang sekolah, termasuk beasiswa dan uang pembinaan bagi siswa berprestasi. (nak)