Jarot Ajak Daki Ramadan Untuk Raih Kemenagan

Sintang

Editor elgiants Dibaca : 46

Jarot Ajak Daki Ramadan Untuk Raih Kemenagan
SILATURAHMI - Bupati Sintang dan sejumlah tokoh masyarakat serta tokoh agama tampak hadir dalam acara silahrurahmi ramadan 1440 bersama Ormas Islam di Kabupaten Sintang, Minggu (19/5).
Rumah Adat Melayu Tepak Sirih menjadi tempat digelarnya silahrurahmi ramadan 1440 bersama Ormas Islam di Kabupaten Sintang, Minggu (19/5). Sejumlah tokoh tampak hadir disana tak terkecuali orang nomor satu di bumi Senentang, Jarot Winarno.

Acara yang dikemas panitia dengan agenda tausiyah, buka puasa bersama dan salat Magrib berjamaah tersebut juga dihadiri oleh Ketua Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA, pimpinan OPD di Kabupaten Sintang serta umat muslim lainnya.

Bupati Sintang dalam sambutannya menyampaikan di bulan suci Ramadan menjadi salah satu kegiatan positif dan mulia, dan insya Allah menjadi amalan dan ilmu yang bermanfaat serta barokah bagi semua yang hadir.

“Dengan banyaknya hikmah yang tercurah di bulan Ramadan ini, sudah sepantasnya kita mengisi bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan dengan keyakinan diri untuk lebih mendekatkan diri dan meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,”kata Jarot.

Menurut Jarot ada banyak hikmah berpuasa di bulan suci ramadan secara jasmani seperti berkurangnya berbagai penyakit gula darah, kolesterol dan asam urat.

“Ramadhan memang seperti kita mendaki, Alhamdulillah sampai hari ini kita sudah dihari ke-14 bulan suci ramadhan ini,”kata Jarot lagi.

Sebelum merayakan hari kemenangan itu,kata Jarot ada beberapa kewajiban umat muslim yang harus dijalankan. Terutama diwajibkannya agar berpuasa selama satu bulan penuh.

“Ini bulan yang sangat luar biasa, kita dijanjikan malam lebih dari 1000 bulan. Nah, kalau kita tidak di dorong dari kita sendiri, maka tidak akan dapat hikmah dari malam 1000 bulan itu,” jelas Jarot.

Dalam kesempatan itu juga Jarot berpesan kepada seluruh umat muslim yang hadir supaya dapat mendaki ramadan dengan tujuan yang sama yaitu memperoleh kemenangan di hari idul fitri nantinya.

“Saya berpesan semoga ramadhan kali ini dapat memberikan kesejukan, ketentraman dan mudah-mudahan kita dapat menjalankan bulan suci Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya,”pesan Jarot..

Terpisah Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Kabupaten Sintang, H. Ade Kartawidjadja mengatakan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan ketiga yang diselenggarakan oleh Panitia Bersama Syiar Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Kegiatan buka puasa bersama dan silaturahmi ramadhan ini merupakan kegiatan ketiga dari tujuh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan, yang bertujuan untuk menghidupkan syiar ramadhan sebagai bulan saling berbagi kepada sesama umat Islam”, katanya.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Buka Puasa bersama dan silaturahmi ramadhan 1440 Hijriah, Ketua MABM memberikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini.

“kami ucapkan rasa syukur karena Rumah Melayu ini menjadi wadah umat Islam untuk saling berdialog, bertemu, saling menghimpun pemikiran dan menyusun agenda bersama sehingga kita dapat menjalin ukhuwah dakwah dan syiar islam di Kabupaten Sintang,” pungkasnya. (nak/hms)