Jarot Winarno: Pancasila Adalah Jimat Bangsa Indonesia

Sintang

Editor elgiants Dibaca : 60

Jarot Winarno: Pancasila Adalah Jimat Bangsa Indonesia
PANCASILA - Bupati Sintang, Jarot Winarno saat memipin upacara peringatan hari lahir Pancasila belum lama ini. Jarot mengatakan bahwa Pancasila adalah jimat pemersatu bangsa Indonesia. Ist
SINTANG, SP – Bupati Sintang, Jarot Winarno meminta agar segenap masyarakat Sintang bisa terus hidup rukun dan damai dengan mempedomani nilai-nilai luhur Pancasila. Pancasila kata Jarot, hadir sebagai pengingat bagi seluruh rakyat, dan dirinya yakin bangsa Indonesia rukun dan damai karena memiliki jimat yang di namakan Pancasila. 

“Keberagaman ini tidak pernah koyak, tetapi justru akhir-akhir ini ada upaya-upaya yang ingin merusak keberagaman itu,” ujar Jarot saat memperingati hari lahir Pancasila belum lama ini.

Jarot menyebut upaya-upaya disintegrasi bangsa dilakukan kelompok tertentu untuk melemahkan bagsa Indonesia. Jika ini tidak disadari oleh bangsa Indonesia yang sudah hidup rukun sejak dulu maka bisa menjadi ancaman serius kedepannya.

“Apa lagi kita menyambut hari raya idul fitri ini, untuk itu saya mengajak seluruh elemen anak bangsa di Kabupaten Sintang untuk bersama-sama menjaga keberagaman yang ada, agar hidup rukun dan damai terus tercipta di kabupaten Sintang,” imbuhnya.
Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward menilai bahwa dengan telah di

tetapkannya 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila dan melalui upacara yang di gelar pada setaip momentum hari lahir Pancasila adalah sebagai upaya pemerintah untuk membumikan Pancasila dan semua elemen anak bangsa juga harus membumikan Pancasila itu, agar semua memahami dan mendalami bagaimana makna Pancasila dan makna butir-butir Pancasila itu sendiri.

“Harapan kita bahwa dengan adanya pancasila ini akan mempererat dan mempersatukan, serta pancasila ini tentunya menjadi satu-satunya ideologi bangsa Indonesia, kita ingin Indonesia ini satu, tidak ada lagi perpecahan karena dalam pancasila itu jelas untuk mempersatukan,” kata Jefray.

Untuk Jefray berharap jangan sampai ada daerah-daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia bahkan jangan sampai ada yang ingin mengubah ideologi pancasila ini, tugas kita adalah untuk menjaga agar Indonesia tetap utuh dengan Ideologi pancasila sebagai satu-satunya Ideologi bangsa Indonesia. (nak/hms)