Selasa, 10 Desember 2019


Yosepha Pimpin Sidak Pasca Libur

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 77
Yosepha Pimpin Sidak Pasca Libur

SIDAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah saat melakukan Sidak usai libur labaran di Kantor DPM PTSP Kabupaten Sintang. Dalam Sidak ini Yosepha mengaku puas lantaran tingkat kehadiran ASN mencapai 95 persen. Ist

SINTANG, SP - Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah memimpin Inspeksi Mendadak (Sidak) kesejumlah kantor pelayanan masyarakat di Sintang, Senin (10/06). Sidak dilakukan untuk memantau tingkat kehadiran para pegawai baik ASN maupun tenaga kontrak seusai libur lebaran.

Sekda Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah menyatakan kepuasan dan apresiasinya atas tingkat kehadiran dan kepatuhan para ASN Sintang. Ia memuji para pimpinan OPD yang telah mengingatkan para pegawai untuk berlaku disiplin.

"Kami sudah meninjau di lima SPPD, dan akan melanjutkan kedua SPPD yang ada di kecamatan, yaitu di Kantor Camat Kelam Permai dan di Puskesmas Kebong," kata Yosepha kapada awak media.

"Hasil peninjauan, memang luar biasa, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala OPD yang telah berhasil memberikan himbauan kepada pegawainya untuk hadir pada hari pertama kita usai liburan Idul Fitri tahun ini," tambahnya lagi.

Yosepha mengaku cukup khawatir jika para pegawai menambah jatah libur lebaran, memperpanjang cuti dan lain sebagainya dengan ragam modus dan alasan. Ia menyebut tingkat kehadiran para ASN di Kabupaten Sintang usai libur lebaran ini mencapai angka 95 persen.

“Memang ada beberapa pegawai yang tidak hadir pada hari ini, itu sudah izin, ada yang masih sakit ada juga yang masih dalam masa berkabung," terang Yosepha.

Yosepha juga menjelaskan dari keseluruhan ASN dan tenaga kontrak yang tidak hadir semuanya telah memberikan keterangan dan tidak ada yang tidak masuk tanpa keterangan. “Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Tuhan berapa ASN Sintang dalam melaksanakan himbauan dari Kemenpan RB ini," pungkasnya.

Kepala BKPSDM Sintang, Palentinus menegaskan pernyataan-pernyataan Yosepha sebelumnya. Ia menyebut dari Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kemenpan RB pihaknya terus melakukan Inpeksi dan itu dilakukan setiap tahun.

“Ini merupakan evaluasi bagi kita atas kinerja pegawai pegawai kita, dengan melihat secara langsung seperti ini kita menjadi tahu sejauh mana pegawai kita mematuhi aturan kepegawaian yang ada," urainya.  

Menurutnya dari hasil pantauan yang sudah di lakukan di tingkat tingkat SPPD kehadiran pegawai sudah sangat baik. “Dari tahun ke tahun terlihat adanya peningkatan kesadaran para pegawai untuk hadir pada hari pertama kerja usai liburan," tutur Palen lagi. 

Tampak hadir Asisten Sekretariat Daerah Sintang Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Henri Harahap, Asisten Sekretariat Daerah Sintang Bidang Administrasi Umum, Marchues Afen, Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Hatta, Inspektur Kabupaten Sintang, A. Biong, Kepala Disperindagkop, Sudirman, dan Kasat Pol PP, Martin Landung. Turut hadir pula sejumlah pejabat perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. (nak/hms)

Perhatikan Secara Menyeluruh

Salah satu mahasiswa asal Kabupaten Sintang, Siti mengapresiasi kinerja para ASN yang hadir pada hari pertama usai libur lebaran. Padahal menurut Siti tidak sedikit ASN yang biasanya mangkir di hari pertama masuk kerja.

“Kita apresiasilah, mereka telah hadir dengan baik untuk melayani masyarakat meskipun libur tidak pajang amat tapi cukuplah dan itu sudah sesuai,” ujar Siti di Pontianak, Senin (10/6).

Namun demikian menurut Siti, Pemkab Sintang tetap perlu memperhatikan secara keseluruhan tingkat kehadiran para ASN ini sebab tidak menutup kemungkinan masih banyak yang mangkir dan itu tidak terdeteksi.

“Kan kalau Sidak belum tentu semua kantor dan intansi pemerintah di sambangi, paling hanya beberapa,” imbuhnya.
Siti berharap para ASN benar-benar sadar akan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat. Sebab jika para ASN lalai maka pelayanan kepada masyarakat menjadi terbengkalai.

“Jadi ASN harus benar-benar punya komitmen melayani, jangan hanya mau enaknya saja. Kalau tak sanggaup jadi PNS atau mau enaknya saja sebaiknya jangan. Diluar masih banyak yang ingin mengabdi dengan sepenuh hati dalam melayani,” katanya. (nak)