Wabup Askiman Buka Gawai Nyelapat Taun Dayak Desa Sekubang Ditandai dengan Memukul Gong

Sintang

Editor Mul Dibaca : 76

Wabup Askiman Buka Gawai Nyelapat Taun Dayak Desa Sekubang Ditandai dengan Memukul Gong
Wakil Bupati Sintang, Drs Askiman, MM, membuka Gawai Nyelapat Taun Dayak di Desa Sekubang, Kecamatan Sepauk, Kabupaten, Sintang, Kamis (13/6/2019). Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong, dengan diawali pemotongan bambu muda.
SINTANG, SP - Wakil Bupati Sintang, Drs Askiman, MM, membuka Gawai Nyelapat Taun Dayak di Desa Sekubang, Kecamatan Sepauk, Kabupaten, Sintang, Kamis (13/6/2019). Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong, dengan diawali pemotongan bambu muda.  

Pada kegiatan tersebut, Wabup Askiman didampingi Ketua TP PKK Sintang, Ny Rosinta Askiman. Hadir pula Sekda Sintang, Dra Yosepha Hasnah, M.Si. Kemudian Sekretaris DAD Sintang, Herkulanus Roni, Kasat Pol-PP, Martin Nandung, Camat Sepauk Cing Han, Danramil Sepauk, Kapolsek Sepauk, Ketua DAD Sepauk, Tokoh Adat, dan Para Temenggung.

Dalam sambutannya, Wabup Askiman mengatakan bahwa kegiatan Gawai Dayak yang dilaksanakan masyarakat Desa Sekubang, merupakan wujud menjunjung tinggi adat dan dirinya memberikan apresiasi setinggi-tingginya.  

"Saya selalu menyempatkan diri dalam kegiatan tradisi masyarakat Gawai Dayak ini. Pada hari ini saya juga akan ke perbatasan Entikong, menuju ke Sabah untuk menindaklanjuti rencana Konferensi Tumenggung Internasional," katanya.  

Wabup Askiman menjelaskan, Konferensi Tumenggung Internasional yang pernah dilaksanakan di Kabupaten Sintang, telah membuka pemikiran secara internasional, sehingga rakyat Dayak diberikan keanggotaan tetap di PBB.  

"Tahun depan, kita akan mendapatkan penghargaan untuk menyampaikan pidato di PBB dalam rangka pelestarian Seni Budaya Dayak. Dalam konteks kepentingan masyarakat Dayak secara internasional," jelasnya.  

Ketua Panitia Gawai Nyelapat Taun, Yuvensius Aki menjelaskan Gawai Dayak memang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Bahkan tahun ini memasuki tahun keempat pelaksanaannya.

"Sekarang yang keempat kalinya. Gawai Nyelapat Taun secara bersama-sama di lapangan terbuka, mulai 13-22 Juni 2019 di Lapangan Sepakbola Temanang ini," papar Aki.  

Ribuan Masyarakat  Dayak Seberuang, Desa Sekubang  Kecamatan Sepauk  Kabupaten Sintang, mengaku sangat bangga dengan kehadiran Wabup Askiman dan rombongan pada pembukaan Gawai Nyelapat Dayak Taun tersebut.  

Pada tahun ini, Gawai Nyelapat Taun Dayak mengambil tema "Dayak yang Menjunjung Tinggi Solidaritas dan Keberagaman Indonesia". Diharapkan dengan adanya gawai ini, maka masyarakat bisa menjaga kebhinekaan Indonesia. (hms)