Pemkab Gelar Ramah Tamah Bersama CJH

Sintang

Editor elgiants Dibaca : 62

Pemkab Gelar Ramah Tamah Bersama CJH
RAMAH-TAMAH - Bupati Sintang, Jarot Winarno tampak bersalaman dengan Calon Jamaah Haji (CJH) saat mengelar acara ramah tamah bersama CJH asal Sintang di Pendopo rumah jabatan Bupati, Selasa malam (16/7)
INTANG, SP - Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang menggelar ramah tamah bersama Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sintang pada musim haji 1440 Hijriah atau 2019 Masehi yang dihadiri langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, di Pendopo Bupati Sintang, Selasa malam, (16/7).

Jarot Winarno dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah Haji selain perjalanan spiritual, ibadah haji juga merupakan perjalanan mental dan fisik.

"Jadi pelaksanaan ibadah haji di Mekkah sangat diperlukan mental dan fisik yang kuat, sebab suhu disana kurang lebih 43 derajat celcius, sangat panas, tentunya dari segi kesehatan dan medis dengan suhu yang panas tersebut harus kita persiapkan diri, seperti banyak minum air putih yang cukup, sering-sering minum untuk membasahi ternggorokan kita, agar tenggorokan tidak kering, karena kadang cuaca panas bisa menyebabkan batuk,” kata Jarot dalam sambutannya.

Selain itu juga, sambung Bupati Sintang,bahwa ibadah haji juga masuk dalam kategori ibadah fisik. Ia menyebut ada dua juta lebih manusia berada di tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji, tentunya berbagai penyakit bisa menghinggapi para CJH.
“Tentunya persiapan kesehatan para jamaah haji perlu disiapkan sedemikian rupa, salah satunya imunisasi suntik meningitis, agar kita tidak terjangkit penyakit yang tidak ada di tempat kita”, ujarnya.

Jarot juga menyampaikan pesan kepada calon jamaah haji asal Kabupaten Sintang untuk tetap menjaga kekompakan dalam melaksanakan ibadah haji.

“Karena ibadah haji ini waktunya panjang, jadi diperlukan kekompakan diantara kita semua, kekompakan kita jaga, serta kesabaran juga perlu kita jaga, karena didalam pelaksanaan ibadah haji kekompakan, kesabaran dan keikhlasan akan diuji dalam perjalanan ibadah haji ini,” ucapnya.

Jarot optimis dengan para calon jamaah haji asal Kabupaten Sintang dalam melaksanakan ibadah haji tahun 1440 Hijriah bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Ini persiapan sudah matang, sudah dilakukan manasik haji sebanyak 16 kali yang dilaksanakan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia dan Kementerian Agama Kabupaten Sintang, sehingga kami dari Pemda meyakini bapak dan ibu sudah memahami betul rukun, wajib, sunnah sampai hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk berangkat haji,” pungkasnya. 

Adapun untuk keberangkatan para Calon Jemaah Haji asal Kbaupaten Sintang akan di laksanakan pada Kamis 18 Juli mendatang di Bandar Udara Tebelian Sintang. (hms/nak)