Warga Berikan Apresiasi Terbaik kepada Satgas

Sintang

Editor elgiants Dibaca : 57

Warga Berikan Apresiasi Terbaik kepada Satgas
PERBAIKI POS - Satgas TMMD ke-105 Wilayah Kodam XII/Tpr yang berlangsung di Desa Benua Kencana, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang. Satgas memperbaiki Pos Kampling, sebagai salah satu sarana menjaga keamanan lingkungan. Ist
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, yang digelar oleh Kodam XII/Tpr, menjadi salah satu cara mengangkat kemajuan daerah. Menyasar tiga wilayah, yaitu Ketapang, Sintang, dan Pangkalan Bun, kegiatan ini sudah memasuki hari kesembilan. 

Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, pelaksanaan TMMD ke-105 Tahun 2019 wilayah Kodam XII/Tpr, melakukan banyak kegiatan. Baik pembangunan fisik, sarana dan prasarana, serta kekuatan mental masyarakat. 

“Pembangunan sasaran fisik dalam program TMMD ke-105 kali ini, berupa pembuatan jalan, pembuatan jembatan, dan perehaban tempat ibadah,” katanya.

Selain itu, pembuatan Lapangan Sepakbola dan penerangan lampu jalan, dengan harapan hasil pelaksanaan TMMD ke-105 akan membawa dampak positif bagi kemajuan daerah. Terutama dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi sasaran program TMMD.

Dengan adanya jalan dan jembatan yang dibuat akan sangat membantu masyarakat di lokasi TMMD yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, sehingga dapat membantu melakukan aktivitas bertani yang di mulai dari sejak tanam hingga pasca panen. 

“Pembangunan jalan dan jembatan sangat vital serta diperlukan petani untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Meskipun hasil panen berlimpah tanpa adanya akses jalan yang baik, petani tidak akan bisa menikmati hasil panen dengan maksimal,” tutur Kapendam. 

"Hanya dengan pembangunan infrastruktur yang baik, petani akan meningkat kesejahteraannya, serta saya meyakini bahwa TMMD kali ini mampu meningkatkan kesejahterakan masyarakat," lanjutnya.

Kemudian, adanya perehaban tempat ibadah diharapkan dapat meningkatkan iman dan takwa masyarakat. Dengan adanya sarana dan prasarana ibadah yang baik, akan menjadikan masyarakat lebih semangat untuk beribadah. 

“Meningkatnya iman dan takwa masyarakat akan mampu menghadapi problema dan tantangan dalam menjalani kehidupan modern yang semakin kompleks. Masyarakat akan terhindar dari hal-hal negatif akibat pengaruh dari budaya luar yang tidak baik,” ujar Kolonel Inf Aulia. 

Sedangkan dengan pembangunan Lapangan Sepakbola dapat memajukan olahraga di desa. Dengan adanya sarana lapangan yang baik tentunya akan meningkatkan minat masyarakat untuk berolahraga. Tidak hanya untuk berolahraga saja, lapangan tersebut juga dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat tentunya dalam kegiatan yang positif. 

“Begitu juga dengan adanya lampu penerangan jalan, masyarakat dapat dengan mudah untuk melakukan aktivitas di malam hari. Kondisi jalan yang terang pada malam hari juga akan membantu meningkatkan keamanan lingkungan," katanya.

Sambutan terbaik disampaikan Bupati Sintang, Jarot Winarno, saat pembukaan TMMD beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, TMMD bermakna sangat penting dan strategis, selain untuk membangun infrastruktur dan prasarana desa, juga dapat merekatkan hubungan serta silahturahmi antara TNI, Pemerintah dan masyarakat.

“Tentunya ini bukti nyata sinergisitas dan soliditas TNI-Masyarakat, termasuk Pemda. Kita dukung semua kegiatan ini, hingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” ungkap Bupati Jarot.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Pangkut, Guntur, SH., mengapresiasi dan mendukung serta membantu mensukseskan program TMMD yang dilaksanakan di desanya. Dia mengakui secara geografis desanya cenderung terpencil atau jauh menuju pusat kota.

''Mudah-mudahan program ini berkesinambungan serta berkelanjutan, dengan harapan pembangunan jembatan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat,'' ujarnya. 

Salah satu aktivitas TMMD ke-105 di Kabupaten Sintang adalah mewujudkan pola hidup sehat masyarakat, Satgas TMMD ke-105 Kodim 1205/Sintang, melaksanakan karya bhakti, berupa pembuatan Jamban di Desa Benua Kencana, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang.

Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Rachmat Basuki, selaku Dansatgas TMMD, saat meninjau pengerjaan sasaran fisik TMMD ke-105 mengatakan, tujuan pembangunan jambanisasi yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD tersebut dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki jamban sehat.

"Harapanya, dengan pembangunan jamban dalam program TMMD ini, masyarakat Desa Benua Kencana mampu merubah pola dan gaya hidup menjadi lebih sehat, yang biasanya menjadikan sungai sebagai tempat untuk buang hajat, sekarang sudah ada jamban sehat," tuturnya. (aep mulyanto)