Kamis, 19 September 2019


Dinkes Gelar Jambore Kader Posyandu

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 87
Dinkes Gelar Jambore Kader Posyandu

FOTO BERSAMA - Bupati Sintang, Jarot Winarno berfoto bersama para kader Posyandu saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Sintang tahun 2019 di Aula dr. Moechtar Moeloek Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Rabu (7

SINTANG, SP - Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka kegiatan Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Sintang tahun 2019.  Kegiatan tersebut di laksanakan di Aula dr. Moechtar Moeloek Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Rabu (7/8) pagi.

Bupati Sintang Jarot Winarno memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranyanya kegiatan ini. Menurutnya kegiatan jambore ini penting terlebih memang kader Posyandu ini sudah lama ada, tapi pernah seperti mati suri, namun kemudian di revitalisasi kembali sehingga jasa para kader Posyandu ini tidak bisa di lupakan.

"Sekarang ini kita beri tantangan baru, tantangan yang mutahir ini adalah kalau lah Posyandu itu sudah tingkat purnama atau mandiri, lalu kita tantang, bisa nda kegiatannya di gabung dengan PAUD di desakan bersama Bina Kegiatan Balita (BKB), jadi namanya berubah jadi Taman Kegiatan Posyandu, itu lah tantangan yang kita berikan," kata Jarot.

Jarot mengingatkan bahwa Posyandu adalah bagian dari gerakan pemberdayaan masyarakat, sama dengan gerakan-gerakan yang lain. Kenapa demikian?, menurut Jarot ini penting  supaya perhatian dana yang diarahkan ke desa untuk pemberdayaan masyarakat tadi utamanya juga di nikmati Posyandu-Posyandu yang ada.

"Kegiatan jambore ini kan menang kalah nomor dua lah, yang paling penting itu bisa silaturrahim, bertukar pengalaman dengan kader Posyandu dari daerah lain kan, kemudian dapat pengetahuan tambahanlah dari para narasumber yang ada," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harysinto Linoh mengatakan kader Posyandu ini adalah UKBM (Usaha Kesehatan Bersumber dari Masyarakat) oleh masyarakat dari masyarakat dan untuk masyarakat.

"Sudah ada 468 posyandu di Kabupaten Sintang,  tapi yang aktif itu hanya 168, aktif itu yang Mandiri dan Purnama yang lainnya masih dapat lampu merah dan lampu kuning yakni Pratama dan Madya," terang pria yang akrab disapa Sinto ini.

Namun itu semua lanjut Sinto, tergantung dari para kader Posyandu bagaimana bisa mengaktifkan Posyandu melalui kunjungan Posyandu dan kunjungan balita. Apa lagi sekarang sudah banyak Posyandu seperti ada Posyandu lansia dan Posyandu untuk ibu hamil.

"Jadi, mari kita sekarang lebih aktif menggerakan posyandu di daerah masing-masing, kemudian juga membawa masyarakat sekitar supaya hadir di Posyandu, karena kalau di Posyandu para kader bisa menjelaskan tentang informasi dan perkembangan kesehatan, masalah panyakit menular dan tidak menular serta hal lainnya tentang kesehatan, ada tenaga kesehatan juga di desakan," pinta Sinto.

Dengan demikan jelas Sinto para kader Posyandu dapat membantu masyarakat menghilangkan stigma yang dulu kalau ke Posyandu hanya untuk pembagian Vitamin A, tapi kalau tidak ada pembagian vitamin A itu masyarakat tidak datang ke Posyandu.

"Jangan lagi seperti itu, karena kita ingin masyarakat kita sehat, kita mulai dari posyandu yang ada di daerah kita masing-masing,"pungkasnya. (hms/nak)

Dorong Semangat dan Inovasi Baru

Ketua Panitia kegitan Jambore Kader Posyandu tingkat Kabupaten Sintang tahun 2019, Darmadi mengatakan kegiatan Jambore ini merupakan event tahunan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang yang sekaligus sebagai ajang untuk silaturrahmi setiap kader Posyandu yang ada di Kabupaten Sintang. 

“Dimana pesertanya adalah kader yang berprestasi yang di pilih oleh 20 Puskesmas. Dimana jumlah pesertanya sebanyak 80 peserta yang terdiri dari 60 kader posyandu dan 20 tenaga pendamping berasal dari Puskemas masing-masing,” terang Darmadi.

Melalui kegiatan ini juga lanjut Darmadi, selain bisa bersilaturahmi antar sesama kader maka diharapakan juga mampu untuk mendorong para kader agar lebih bersemangat lagi dalam menjalan tugas dilapangan. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan akan lahir ide-ide inovatif dari kader Posyandu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Tujuan ini guna untuk meningkatkan kinerja para kader posyandu, memotivasi mereka dan meningkatkan keterempilan mereka. Ada lomba cerdas cermat, praktek pemberian makanan bayi dan anak, penyuluhan, lomba poster, permainan yang inovatif dan lomba lainnya," jelas Darmadi.

Turut hadir juga dalam acara yang di buka langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno ini, Kepala Bappeda Kabupaten Sintang Kartiyus, para peserta Jambore dan tamu undangan lainnya. (hms/nak)