Kamis, 19 September 2019


32 Kendaraan Hias Ikut Pawai di Sintang

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 117
32 Kendaraan Hias Ikut Pawai di Sintang

PAWAI - Salah satu kendaraan hias yang mengikuti Pawai Pembangunan di Sintang, belum lama ini.

SINTANG, SP - Sebanyak 32 kendaraan hias dari OPD Kabupaten Sintang dan masyarakat umum dengan berbagai kreasi, mengikuti Pawai Pembangunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 RI.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang Jeffray Edward mengatakan kegiatan pawai pembangunan ini merupakan momentum yang penting bagi semua. Yakni untuk melihat secara langsung beberapa hasil pembangunan di berbagai sektor. Salah satunya bidang ekonomi, sehingga dapat menjadi modal pembangunan daerah selanjutnya sesuai tema HUT RI tahun ini yakni SDM Unggul, Indonesia Maju.

"Setidaknya ada 4 nilai penting makna dari pawai ini. Pertama, akan membangun rasa memiliki, mencintai dan membuat kita dapat tahu pembangunan di daerah ini. Kedua, menyadarkan kita bahwa pembangunan itu faktor penting bagi kemajuan daerah," terang Jeffray.

Kemudian lanjut Jeffray, kegiatan ini menjadi motivasi semua pihak untuk bersama membangun daerah dan yang ke empat, kegiatan pawai sebagai ajang hiburan bagi masyarakat atau siapapun yang turut menyaksikannya.

"Semoga kegiatan pawai dapat menjadi perekat pesatuan dan kesatuan di Kabupaten Sintang, terlebih dalam pawai selain menampilkan hasil pembangunan, juga menampilkan berbagai pakaian adat dan hiasan yang digunakan peserta. Itulah penanda keberagaman yang ada di Sintang ini," tutup Jeffray.

Sementara Kadisporapar Kabupaten Sintang Hendrika mengatakan dari 32 peserta kendaraan pawai, hanya 28 saja yang memenuhi kriteria untuk di nilai, dan empat kendaraan lainnya sebagai penggembira.

"Ini merupakan rangkaian kegiatan HUT RI di Sintang. Untuk itulah penilaian dalam pawai dilakukan seobjektif mungkin dari tim penilai. Pesertanya juga dari OPD yang ada di lingkungan Pemkab Sintang dan masyarakat umum," jelas Hendrika. (ant)

Ribuan Pelajar Meriahkan Karnaval

Sebanyak 2.600 orang peserta terdiri dari para pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat yang ada di Kota Sintang juga mengikuti kegiatan Karnaval memeriahkan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, yang dilepas Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Imran, di depan Pendopo Bupati Sintang.

Dalam karnaval ini para peserta menggunakan berbagai pakaian adat daerah nusantara, pakaian dinas profesi karir seperti TNI/POLRI, Sat Pol PP, dokter, ASN Pemda Sintang, pakaian kreasi dari bahan daur ulang dan pakaian instansi lainnya serta juga menampilkan berbagai kesenian daerah nusantara.

Di temui usai kegiatan, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan karnaval ini sangatlah penting dilaksanakan, karena sebagai salah satu cara untuk melihat ekspresi dari para anak muda atau para pelajar yang ikut serta.

Terlebih usia mereka masih usia remaja, sehingga seperti apa mereka memaknai hari kemerdekaan Indonesia. Apakah mereka bahagia, gembira, turut bersuka cita atau lainnya, sehingga ini merupakan kegiatan yang sangat positif membentuk mereka.

"Generasi muda ini harus kita ciptakan jadi sumber daya yang unggul. Untuk unggul tidak cukup hanya cerdas intelektual seperti dengan belajar, menghafal dan sebagainya, tapi dia mesti cerdas secara emosional dan spiritual, sehingga kegiatan ini bisa kita lihat ekspresi mereka seperti apa memaknai," ujar Jarot.

Lanjut Jarot, dengan sumber daya manusia unggul itulah masa depan Indonesia secara khusus Kabupaten Sintang ada di tangan mereka, terlebih sudah dihitung sedemikian rupa bahwa tahun 2045 mendatang pada saat satu abad Indonesia merdeka, yang di sebut sebagai tahun emas Indonesia dan Indonesia di prediksi sebagai negara terbesar ketiga di dunia.

"Peran anak-anak muda yang hadir inilah nantinya bisa menentukan arah bangsa Indonesia, jadi mereka harus kita jaga, kita mengerti, beri ruang mereka untuk mengembangkan diri, dan jangan sampai kita biarkan mereka begitu saja, karena mereka adalah aset bangsa Indonesia," ucap Jarot. (hms)