Minggu, 20 Oktober 2019


Dari Deklarasi ODF hingga Grebek Suro

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 52
Dari Deklarasi ODF hingga Grebek Suro

DEKLERASI - Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri kegiatan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Jaya Mentari, Kecamatan Tempunak, Minggu (15/9).

SINTANG, SP - Pemerintah Kabupaten Sintang  berkomitmen terus melakukan berbagai upaya dalam membangun daerah. Tidak hanya pembangunan secara fisik, namun juga keagamaan dan pola hidup sehat, termasuk pembangunan bidang olah raga.

Kunjungan ke desa-desa pun terus dilakukan Bupati Sintang Jarot Winarno. Pada Minggu (15/9). Jarot bahkan sekaligus mengunjungi  empat desa di Kecamatan Sungai Tebelian dan Kecamatan Tempunak.

Kunjungan diawali dengan menghadiri kegiatan pengajian akbar Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT)    Sungai Tebelian bersama Ustadzah Siti Khotijah,S.Pd.I  di Masjid  Al Istiqomah, Desa Lebak Ubah, Kecamatan Sungai Tebelian. 

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sintang  Ir. Murjani, Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harysinto Linoh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang Lindra Azmar, Badan Pengurus Majelis Taklim Sintang, Ketua BKMT Sintang, Ketua BKMT Kecamatan Sungai Tebelian, Pengurus Majelis Taklim,  Jajaran Forkopimcam, para kades, tokoh agama, serta tokoh masyarakat. 

Dalam sambutannya, Jarot mengatakan semangat peringatan tahun baru yang mengambil tema “Dengan Hikmah Tahun Baru Hijriyah Kita Perangi Penyakit Hati Menuju Ridho Illahi” ini memberikan semangat dalam membesihkan kalbu kita.

”Nabi Muhammad SAW sudah mengajarkan kepada kita sejak hidup rukun itu sejak jaman dahulu kala, dan namanya toleransi dalam beragama, dan menjaga kutuhan NKRI itu merupakan DNA nya umat Islam,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jarot juga menyatakan bahwa baru-baru ini Indonesia kehilangan seorang  putra terbaik bangsa yakni Almarhum BJ Habibi yang juga pernah menjabat Presiden RI ke 3.

”Beliau merupakan contoh tauladan  dan contoh cendikiawan muslim yang banyak berkontribusi  untuk kemajuan teknologi peradapan dunia, karena beliu mengagangap bahwa tehnologi itu adalah ilmu pengetahuan yang sangat penting,” ujarnya.

Usai menghadiri pengajian akbar, siang harinya, Jarot juga menghadiri kegiatan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Jaya Mentari, Kecamatan Tempunak. Dalam kegaitan tersebut dilakukan penandatangan perjanjian, menjaga kebersihan lingkungan dan masyarakat diminta tidak lagi membuang air besar secara sembarangan terutama di sungai-sungai.

“Dan saat ini setiap rumah masing-masing sudah memiliki MCK bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sintang dalam hal ini Program Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang,” katanya.

Selanjutnya kunjungan berlanjut ke Desa Jaya Mentari, Kecamatan Tempunak dimana Jarot menghadiri  sekaligus menutup kegiatan Turnamen Sepak Bola Desa Jaya Mentari Cup Tahun 2019 dan dilanjutkan menuju Stadion Dharma Kencana di Desa Kenyabur Baru untuk mengahadiri kegiatan Grebek Suro dan Gawai Adat sekaligus menutup acara kegiatan. (hms)