Rabu, 23 Oktober 2019


Dosen IKIP PGRI Pontianak Pimpin Timnas Footvolley

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 213
Dosen IKIP PGRI Pontianak Pimpin Timnas Footvolley

AHMAD Jamalong, Dosen senior Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Pontianak, yang dipercaya menjadi Manager Timnas Footvolley Indonesia.

AHMAD Jamalong, Dosen senior Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP PGRI Pontianak, kembali menorehkan prestasi di bidang olahraga. Apabila sebelumnya ia selalu menjadi wasit Sepak Takraw pada berbagai kejuaraan internasional, kali ia ia menjadi Manager Timnas Indonesia.  

Tepatnya Jamalong akan memimpin Timnas Footvolley Indonesia. Tim ini akan bertanding ke ajang bergensi di Bangkok, Thailand, pada 16-22 September 2019, di Bangkok, Thailand. Kejuaraan Dunia tersebut bertajuk ”Thailand World Footvolley Chompionship 2019”, yang berlangsung di Sports Authority of Thailand.  

“Alhamdulillah, saya dipercaya menjadi Manajer Timnas Indonesia pada kejuaraan tersebut. Saat ini, tim sudah dalam kondisi siap tempur, setelah berlatih beberapa waktu lalu,” kata pria yang juga menjabat sebagai Sekjen Indonesia Footvolley Association.  

Jamalong akan memimpin Timnas Footvollet Indonesia yang diperkuat tiga Siswa SMA dari Bumi Nene Mallomo Sidrap, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ketiganya adalah Andi Syabrian, Reski Muliadi, dan Darmawan.  

“Timnas Indonesia ada di grup devisi dua bersama tuan rumah Thailand, Malaysia, Jepang, Korea, Pakistan, New Zailand, Australia, Srilanka, India,  dan Brunei Darussalam. Kita akan berjuang menjadi yang terbaik,” paparnya.  

Selain atletnya, lanjut Jamalong,  juga ada pelatih yang berasal dari Sidrap, yaitu Syamsul yang merupakan PNS di Kabupaten Sidrap. 

Adapun susunan Timnas antara lain, Manajer Timnas, Ahmad Jamalong. Pelatih Syamsul. Atlet Andi Shabrian, Resky Muliadi, dan  Darmawan.   Kejuaraan tersebut akan diikuti 30 Negara, yang dibagi dalam dua devisi, yaitu devisi 1 dan devisi 2. Dimana Devisi 1 All Teams TWFC 2018 terdiri 15 Tim yang diikuti 15 Negara dan Devisi 2  New Teams dengan 15 Tim dan diikuti 15 Negara.  

“Indonesia berada pada nomor urut pendaftaran 13 sebagai peserta. Semoga pada kejuaraan ini, Timnas Footvolley Indonesia bisa meraih hasil terbaik,” ujar Jamalong.  

Bertabur Prestasi Internasional  


Pria yang juga menjabat sebagai Anggota Bidang Litbang KONI Kalbar tersebut, benar-benar bertabur prestasi internasional. Ia perna terpilih mewasiti perhelatan sekelas Asian Games 2018. Ia berstatus wasit Internasional Sepak Takraw asal Kalbar dengan lisensi Asian Sepak Takraw Federation (ASTAF) dan International Sepak Takraw Federation (ISTAF).
 

Ia sudah mewasiti tiga kali Asian Games, yakni Asian Games Doha Qatar 2006, Asian Games Goung Zhou China 2010, dan Asian Games Jakarta-Palembang 2018.   Selain di Asian Games, Ia juga memiliki pengalaman bertuagas di SEA Games Filipina 2005, SEA Games Thailand 2007, SEA Games Laos 2007, SEA Games Indonesia 2011, SEA Games Myanmar 2013, dan SEA Games Malaysia 2017.  

Pengalaman lain mewasiti Internasional multi event seperti Asian Indoor Games di Makau 2006, Asian Beach Games Bali 2008, Asian Beach Games Muscat Oman, Asian Beach Games Phuket Thailand 2014, Kejuaraan Dunia Kings Cup Thailand 2005, 2006, 2008 dan Kejuaraan dunia Grand Prix di Penang Malaysia 2004.  

Kemudian pengalaman mewasiti single event sepeti Hanoi Open Vietnan 2006 dan Hochimin open Vietnam 2008. Terbaru ia tampil di Semarang pada ajang Asean Student Games 2019. Jamalong Berharap prestasi yang Ia miliki ini bisa menjadi motivasi pemuda Kalbar untuk bersaing di dunia olahraga internasional.
(mul)