Senin, 21 Oktober 2019


Putra-Putri Pariwisata Kalbar Toreh Prestasi di Tingkat Nasional

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 120
Putra-Putri Pariwisata Kalbar Toreh Prestasi di Tingkat Nasional

FOTO BERSAMA - Kanan ke Kiri Putra Pariwisata Nusantara (Robian Aulia), Putri Pariwisata Kalbar (Dian Amelia Gidanti), Kasi Strategi dan Pemasaran Pariwisata (Marsiana Rika), Kadisporapar Kalbar (Natalia Karyawati), Kasi Promosi Pariwisata (Suzandeleni),

PONTIANAK, SP - Putra-Putri Kalbar yang tampil di perhelatan Putri Pariwisata dan Putra-Putri Pariwisata Nusantara Tahun 2019, berhasil menorehkan prestasi terbaik. Salah satunya adalah Robian Aulia, Putra Pariwisata Nusantara Kalbar, yang meraih predikat runner up 1.        

Robian meraih predikat runner up 1 Putra Pariwisata Nusantara 2019, dengan gelar Putra Generasi Pesona Indonesia 2019. Adapun 
kategori yang dimenangkan adalah best night costume Putra Pariwisata Nusantara 2019.  

Selain Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura tersebut, Kalbar melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, mengirimkan dua peserta lainnya, yaitu Gintini Oktavia dan Dian Amelia Gidanti.
 

Putri Pariwisata Kalbar 2019 dan Putra-Putri Pariwisata Nusantara Kalbar 2019, sempat berkunjung ke redanksi Suara Pemred, Kamis (12/9). Mereka disambut oleh Pimpinan Redaksi (Pimred) Suara Pemred, Harry Daya dan Bagian Event dan Promosi, Lina Susanti.
 

“Tentunya kita sangat bersyukur, perwakilan Kalbar bisa berprestasi di ajang nasional. Walau belum dapat predikat terbaik. Namun, usaha mereka sudah maksimal,” ujar Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Natalia Karyawati.
 

Menurutnya, mereka yang dikirim ke pentas nasional adalah hasil seleksi di tingkat Provinsi, yang berlangsung pada 2-3 Agustus 2019. Mereka mereka juga memenuhi syarat dan ketentuan yang tertera dalam syarat administrasi.  

Kasi Promosi Pariwisata Disporapar Kalbar, Suzandeleni, mengatakan, rangkaian seleksi para peserta sudah dilakukan. Persiapan sudah dilakukan sejak Agustus 2019.   

“Secara umum yang penting peserta harus memiliki kematangan mental, karakter yang positif, fashion, serta crew yang diberangkatkan ke Jakarta. Peserta direkrut dan diseleksi dari Kota dan Kabupaten se-Kalbar", terangnya. 
 

Dian Amelia Gidanti adalah perwakilan dari Kabupaten Kubu Raya, yang terpilih sebagai Putri Pariwisata Indonesia Kalbar 2019. Sementara Medina Andini perwakilan dari Kota Pontianak terpilih sabagai runner up
 

Sedangkan Putra Putri Pariwisata Nusantara Kalbar 2019, dijabat oleh Robian Aulia finalis perwakilan dari Kota Pontianak dan Gintini Oktavia perwakilan dari Kubu Raya.   

Adapun runner up Putra Putri Pariwisata Nusantara Kalbar 2019, dijabat oleh Maliki Dwi Ibrahim, perwakilan dari Kubu Raya dan Resti Hotmauli Br Manihuruk perwakilan dari Kabupaten Landak. 


Perwakilan dari Kalbar tersebut, bersama peserta dari 34 provinsi se-Indonesia,setelah melewati masa karantina, kemudian menjalani sesi penentuan pada Malam Grand Final, yang dilangsungkan di Auditorium TVRI, Jumat (6/9).
 

Pada acara puncak yang disiarkan langsung oleh TVRI dan EL JOHN TV ini, para finalis PPI dan P3N 2019 yang memiliki nilai tertinggi dari dewan juri, berhak lolos masuk 10 besar atau top ten. Di 10 besar, finalis Putri Pariwisata Indonesia 2019 dan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2019 harus menjalani sesi menjawab pertanyaan dari dewan juri.  

Setelah dewan juri merampungkan penilaian, akhirnya terpilih finalis yang menyandang gelar Putri Pariwisata Indonesia 2019. Mereka adalah Mawar Saleh dari Nusa Tenggara Timur (NTT), serta yang dinobatkan sebagai Putra Putri Pariwisata 2019, yakni Muhammad Fadly dari Sulawesi Tengah dan Puja Lestari mewakili Sumatera Barat.  

Kali ini, tema yang diusung untuk pemilihan Putri Pariwisata Indonesia bertajuk Celebrating Wonderful Indonesia. Sementara untuk pemilihan Putra Putri Nusantara 2019, tema yang diangkat yakni The Young Milenials Generation of Tourism. (rif/mul/biz)